KHOIRUL LAZULFA, 17205163016 (2020) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA DI MI TARBIYATUL ATHFAL PULOTONDO NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (662kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Khoirul Lazulfa, NIM 17205163016, dibimbing oleh Drs. H. Jani, MM., M.Pd Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here, Pembelajaran Tematik Muatan IPA Salah satu karakteristik kurikulum 2013 yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa. Siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Salah satunya pada pembelajaran tematik muatan IPA. Belajar IPA akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya, tidak hanya mendengar dan duduk diam saja. Oleh karena itu, guru harus berjuang dengan segala cara untuk membuat proses pembelajaran menjadi menarik dan melibatkan keaktifan siswa, bentuk usaha guru salah satu nya dengan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here. Fokus penelitan yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas V di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 (2) Bagaimana Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas V di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 (3) Bagaimana Evaluasi Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas V di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas V di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 (2) Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas V di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 (3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas V di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data utama yang berupa kata-kata dan tindakan, serta sumber data tambahan yang berupa dokumen-dokumen. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Kepala MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo, Wali Kelas V MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo, dan Siswa Kelas V MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo. Teknik analisis data yang yang digunakan adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keasahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitiannya adalah (1) Perencanaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas V di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 meliputi melihat tujuan pembelajaran, mengidentifikasi karakteristik siswa dan kondisi lingkungan, menentukkan materi pembelajaran yang sesuai, menentukan metode dan media pembelajaran yang sesuai, dan menyusun RPP (2) Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas V di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 terdiri dari 3 tahap, meliputi tahap awal pembelajaran, tahap inti pembelajaran, dan tahap penutup pembelajaran (3) Evaluasi Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas V di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 menggunakan evaluasi formatif dengan teknik tes dan non tes yang digunakan untuk penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Macam evaluasi nya berupa Tanya jawab, penugasan, unjuk kerja, dan jurnal penilaian sikap.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 17205163016 Khoirul Lazulfa |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 03:53 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 06:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17653 |
Actions (login required)
View Item |