KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG

YUNITA ARI ARDIANA WIJAYA, 17207163013 (2020) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (325kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ini ditulis oleh Yunita Ari Ardiana Wijaya, NIM 17207163013, pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag, NIP 196512152003122001. Kata kunci : Kepemimpinan Transformasional, Mutu Pendidikan. Penelitian ini membahas tentang Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Karena keberadaan kepala sekolah pada sebuah lembaga pendidikan harus memiliki tanggung jawab untuk mentransfomasikan sumber daya manusia supaya menjadi wujud nyata yang bermanfaat. Kemampuan melakukan transformasional dimiliki oleh kepala sekolah yang memiliki gaya transformasional. Kehadiran kepemimpinan transformasional kepala sekolah melalui kemampuan mengimplementasikan visi dan misi, memberikan dorongan yang menginspirasi, dan dalam melakukan komunikasi yang efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini dibuktikan bahwa kepala sekolah telah mewujudkan visi dan misi madrasah dengan meningkatkan prestasi siswa, seperti Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung mewajibkan memakai bahasa arab dan inggris di lingkungan madrasah. Fokus Penelitian dalam skripsi ini diantaranya yaitu (1) Bagaimana kemampuan kepala sekolah mengimplementasikan visi dan misi madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? (2) Bagaimana kemampuan kepala sekolah memberikan dorongan yang menginsprirasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? (3) Bagaimana kemampuan kepala sekolah dalam melakukan komunikasi yang efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? Skripsi ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kemampuan kepala sekolah mengimplementasikan visi dan misi madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? (2) Untuk mengetahui kemampuan kepala sekolah memberikan dorongan yang menginsprirasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Mdrasah Aliayah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? (3) Untuk mengetahui kemampuan kepala sekolah dalam melakukan komunikasi yang efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitiatif dengan jenis natural (alamiah). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi, perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa (1) Kemampuan kepala sekolah mengimplementasikan visi dan misi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dapat dilihat dari perilaku kepala sekolah dalam melaksanakan penyusunan visi dan misi sekolah dengan disksusi bersama, pembuatan program pendidikan dengan berpedoman pada standar mutu pendidikan, mengedepankan keteladanan, serta menggerakkan warga sekolah untuk ikut serta dalam meningkatkan mutu pendidikan, (2) Kemampuan kepala sekolah memberikan dorongan yang menginspirasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dapat diketahui dari perilaku kepala sekolah dalam memberikan reward bagi warga sekolah yang berprestasi, menumbuhkan inspirasi melalui kisah-kisah inspiratif para pejuang,(3) Kemampuan kepala sekolah melakukan komunikasi efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung tercermin dari perilaku kepala sekolah dalam membudayakan 5S (Senyum, salam, sapa, sopan, dan santun), berinteraksi secara langsung dengan warga sekolah, terjun langsung melnjadi Pembina ektrakurikuler, dan penyelesaian masalah melalui sistem diskusi atau rapat awal bulan, dan mengembangkan komunikasi agar lebih efektif melalui group whatsAap guna mengingatkan sesuai kebutuhan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163013 YUNITA ARI ARDIANA WIJAYA
Date Deposited: 20 Jan 2021 06:55
Last Modified: 03 May 2021 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17723

Actions (login required)

View Item View Item