UPAYA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN IBADAH SISWA MELALUI PEMBELAJARAN FIKIH DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROMAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SUCI ARDIANA ROHMAWATI, 17205153133 (2020) UPAYA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN IBADAH SISWA MELALUI PEMBELAJARAN FIKIH DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROMAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (212kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

ABTRAK Skripsi “ Upaya Guru Kelas dalam Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Ibadah Siswa Melalui Pembelajaran Fikih di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Suci Ardiana Rohmawati, NIM 17205163133, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Nurul Hidayah, M. Ag. Kata Kunci: Pendekatan, Strategi, Metode, Fikih Ibadah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah keadaan bahwa pengetahuan dan kebisaan pada siswa-siswi terhadap ibadah dalam studi fikih masih ada yang belum benar ketika melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari seperti wudhu, shalat, dan puasa. Mengenai hal tersebut, dalam peneltian ini menguhubungkan metode pengajaran yang berkatitan dengan perencanaan, penerapan, dan hasil dari pembelajaran fikih. Maka dari itu, sangatlah penting mempelajari fikih sejak usia anak-anak, sehingga ketika sudah baligh mereka dapat melakukan ibadah dengan baik dan benar. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana pendekatan guru kelas dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman ibadah siswa melalui pembelajaran fiqih di MI Riyadlotul Uqul, Doroampel, Sumbergempol? (2) Bagaimana strategi guru kelas dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman ibadah siswa melalui pembelajaran fiqih di MI Riyadlotul Uqul, Doroampel, Sumbergempol? (3) Bagaimana metode guru kelas dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman ibadah siswa melalui pembelajaran fiqih di MI Riyadlotul Uqul, Doroampel, Sumbergempol? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol, dengan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian datanya, data berdasarkan dua sumber (1) data primer (2) data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya pengecekan keabsahan temuan dengan menggunakan uji kredilibitas, uji keteralihan, uji keterkaitan, dan uji kepastian. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Pendekatan yang digunakan dalam meningkatkan ibadah siswa adalah Contextual Teaching and Learning (CTL) dan pendekatan kontruksivisme. (2) Strategi yang digunakan dalam meningkatkan keaktivan dan pehaman ibadah siswa adalah Strategi Afektif, Strategi Ekspositori, dan Strategi Inkuiri (3) Metode pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman ibadah siswa adalah Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi dan Metode Demonstrasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163133 SUCI ARDIANA ROHMAWATI
Date Deposited: 20 Jan 2021 04:47
Last Modified: 29 Apr 2021 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17778

Actions (login required)

View Item View Item