BINTI ZAKIATUL MUNADHIROH, 17205163058 (2020) HUBUNGAN EMOTIONAL QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
| 
 | Text COVER.pdf Download (942kB) | Preview | |
| 
 | Text ABSTRAK.pdf Download (282kB) | Preview | |
| 
 | Text DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB I.pdf Download (291kB) | Preview | |
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Download (265kB) | |
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Download (280kB) | |
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Download (331kB) | |
| 
 | Text BAB V.pdf Download (164kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB VI.pdf Download (92kB) | Preview | |
| 
 | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) | Preview | 
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Emotional Quotient Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Binti Zakiatul Munadhiroh, NIM.17205163058, pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Emotional Quotient, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa ada jenis kecerdasan lain selain kecerdasan intelektual yaitu Emotional Quotient yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah Emotional Quotient berupa kemampuan mengenali emosi diri dan kemamapuan membina hubungan dengan prestasi belajar siswa kelas IV di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana hubungan Emotional Quotient terhadap prestasi belajar siswa? (2) Apakah terdapat hubungan Emotional Quotient berupa kemampuan mengenali emosi diri terhadap prestasi belajar siswa kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? (3) Apakah terdapat hubungan Emotional Quotient berupa kemampuan membina hubungan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? (4) Apakah terdapat hubungan Emotional Quotient berupa kemampuan mengenali emosi diri dan kemampuan membina hubungan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif bersifat korelasional. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Teknik pemngambilan sampel jenis Nonprobability Sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 37 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kecerdasan emosional, observasi dan juga dokumentasi. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi Product momen dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Emotional quotient merupakan salah satu faktor penting yang seharusnya dimiliki oleh siswa yang memiliki kebutuhan untuk meraih prestasi belajar lebih baik di sekolah. Pada penelitian ini, terbukti bahwa Emotional quotient berhubungan dengan prestasi belajar siswa. Semakin tinggi kemampuan siswa dalam mengenal emosi diri dan juga membina hubungan maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar yang dihasilkan. (2) Terdapat hubungan Emotional quotient berupa kemampuan mengenali emosi diri dengan prestasi belajar siswa sebesar 0,416. (3) Terdapat hubungan Emotional quotient berupa kemampuan membina hubungan dengan prestasi belajar siswa sebesar 0,505. (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Emotional quotient berupa kemampuan mengenali emosi diri dan kemampuan membina hubungan dengan prestasi belajar siswa sebesar 9.026.
| Item Type: | Skripsi | 
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI | 
| Depositing User: | 17205163058 BINTI ZAKIATUL MUNADHIROH | 
| Date Deposited: | 20 Jan 2021 06:45 | 
| Last Modified: | 26 Apr 2021 07:12 | 
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17792 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        