BINTI NOVITASARI, 17205163061 (2020) PENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MI PLUS DARUNNAJAH KELUTAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (294kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (303kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (578kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (228kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (223kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (8kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
Abstract
ABSTRAK Binti Novitasari, 17205163061, “Pengaruh Media Visual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa di MI Plus Darunnajah Kelutan Trenggalek”, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing : Nuryani, S.Ag, M.Pd.I. Kata Kunci : Media Visual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi peserta didik di MMI Plus Darunnajah Kelutan Trenggalek saat mengikuti kegiatan pebelajaran dan rendahnya hasil belajar beberapa siswa. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang masih bersifat konvensional yang cenderung membosankan. Kurang menarik dan masih berpusat oleh guru. Salah satu cara untuk membuat siswa lebih tertarik dalam kegiatan pembelajaran khususnya bahasa Arab adalah dengan menggunakan media visual. Melalui media ini diharapkan peserta didik dapat termotivasi dalam proses pembelajaran dan mencapai hasil belajar diatas rata-rata. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh media visual terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas III di MI Plus Darunnajah Kelutan Trenggalek, (2) Adakah pengaruh media visual terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas III di MI Plus Darunnajah Kelutan Trenggalek, (3) Adakah pengaruh media visual terhadap motivasi dan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas III di MI Plus Darunnajah Kelutan Trenggalek. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa MI Plus Darunnajah Kelutan Trenggalek dan sampel yang diambil adalah siswa kelas III-A dan kelas III-B. instrument penelitian menggunakan angket dan tes (post-test) sedangkan Analisis data yaitu menggunakan uji manova dengan uji validasi dan reliabilitas sebagai uji instrument dan uji homogenitas dan normalitas sebagai uji prasyarat hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan media visual terhadap motivasi belajar siswa kelas III di MI Plus Darunnajah Kelutan Trenggalek. hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk motivasi belajar bahasa Arab diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, (2) ada pengaruh yang signifikan media visual terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa di MI Plus Darunnajah Kelutan Trenggalek. hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk hasil belajar bahasa Arab diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, (3) ada pengaruh yang signifikan media visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa si MI Plus Darunnajah Kelutan Trenggalek. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk motivasi dan hasil belajar bahasa Arab diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti 0,000, yang berarti 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163061 BINTI NOVITASARI |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 07:24 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 07:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17802 |
Actions (login required)
View Item |