STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEISLAMAN SISWA DI SMK NEGERI 1 BANDUNG, TULUNGAGUNG

HERI NUR AFANDI, 1721143162 (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEISLAMAN SISWA DI SMK NEGERI 1 BANDUNG, TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (478kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (855kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Karakter Keislaman Siswa di SMK Negeri 1 Bandung, Tulungagung ” ini ditulis oleh Heri Nur Afandi, NIM.1721143162, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata kunci:Strategi, Guru PAI, Karakter Keislaman Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kenakalan siswa yang akhirakhir ini semakin mengkhawatirkan, seperti: tawuran antar pelajar, pergaulan bebas dikalangan remaja, penyalahgunaan narkoba dan sebagainya, dari permasalahan tersebut para guru khususnya guru pendidikan agama Islam memiliki tugas dan peran untuk meningkatkan perilaku Islami siswa. Dalam hal ini peneliti membahas terkait peran Guru PAI dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1)Bagaimana penerapan Setrategi ekspositori dalam membentuk karakter keislaman siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung? 2) Bagaimana penerapan setrategi inkuiri dalam membentuk karakter keislaman siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung? 3)Bagaimana penerapan setrategi kooperatif dalam membentuk karakter keislaman siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah 1) Mengetahui penerapan setrategi ekspositori oleh guru PAI dalam membentuk karakter keislaman siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. 2)Mengetahui penerapan setrategi inkuiri oleh guru PAI dalam membentuk karakter keislaman siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. 3)Mengetahui penerapan setrategi kooperatif oleh guru PAI dalam membentuk karakter keislaman siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Dalam upaya Membentuk Karakter Islami Siswa dari guru PAI melakukan salah satu tindakan melalui arah tentunya sesuai dengan penerapan strategi ekspositori, dimana guru memegang penuh pembelajaran yang berhak menasihati siswa untuk tidak meremehkan pelajaran dari Pendidikan Islam. Sebelum pelajaran dimulai, siswa diminta untuk membaca Alquran bersama. Menerapkan berbagai strategi dalam proses pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran efektif, serta penerapan strategi inkuiri dari pemahaman siswa tentang materi yang disajikan oleh guru sangat penting, terutama dalam hal membentuk karakter kepribadian siswa, seperti apa yang diungkapkan oleh salah satu guru di SMKN 1 Bandung sebelumnya, bahwasannya karakter siswa dapat diukur dari pemahaman material, karena dengan memahami materi, peserta didik dapat menerapkan materi yang diajarkan oleh guru untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penerapan strategi kooperatif sangat menentukan dalam membentuk karakter mahasiswa islam. Sama seperti kita tahu bahwa bekerja pada kelompok dapat membuat siswa saling menghormati pendapat masing-masing, memecahkan masalah bersama, karena bagaimanapun anak-anak adalah generasi berikutnya yang pasti akan terjun dalam masyarakat, dan di garis depan strategi ini semoga nanti Anak-anak dapat menerima dan menghargai aspirasi orang lain yang memiliki budaya berbeda.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143162 HERI NUR AFANDI
Date Deposited: 20 Jan 2021 07:47
Last Modified: 27 Apr 2021 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17809

Actions (login required)

View Item View Item