PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

NURUL HALIMAH, 17201163308 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Nurul Halimah, NIM. 17201163308, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Germino Wahyu Broto, M. Si.,NIP. 198003012014031001. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh mayoritas guru yang masih menggunakan model pembelajaran tradisional ketika mengajar di dalam kelas, khususnya pelajaran Fiqih. Dengan adanya hal tersebut tentu tidak menutup kemungkinan dapat menurunkan minat peserta didik untuk belajar Fiqih, sebab mereka tidak terlibat secara aktif ketika proses pembelajaran berlangsung. Dalam hal ini, maka perlu satu tindakan guru untuk mencari dan menerapkan suatu model pembelajaran yang sekiranya dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih. Peneliti mencoba mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Fiqih, tujuannya untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik serta menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi mereka. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap minat belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, (2) untuk menjelaskan pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen semu (quasi-experiment). Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dan variabel terikatnya adalah minat dan hasil belajar. Populasi : seluruh peserta didik kelas VII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar yang berjumlah 400 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sampel 80 peserta didik yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Sumber data primer penelitian ini adalah skala dan tes peserta didik kelas eksperimen dan kontrol, dan data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, serta arsip-arsip kegiatan yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, skala dan tes. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Independent Sample t-Test, uji N-Gain Score dan uji Effect Size. Hasil penelitian adalah, (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,733 > 1,993464 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05. serta diperoleh nilai d = 1,50 dengan effect size 1,5 yang termasuk pengaruh besar. 2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu 3,180 > 1,993464 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05. serta diperoleh nilai d = 2,06 dengan effect 2 yang termasuk pengaruh besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163308 NURUL HALIMAH
Date Deposited: 21 Jan 2021 01:42
Last Modified: 28 Apr 2021 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17824

Actions (login required)

View Item View Item