PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIN 1 TULUNGAGUNG

SHENI UMI KHOIRIYAH, 17205163200 (2020) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengab judul “Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA di MIN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh SHENI UMI KHOIRIYAH, NIM. 17205163200, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh bapak H. Muh. Nurul Huda, MA Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Keterampilan Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan Kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi merupakan sebuah penyempurnaan dari kurikulum KTSP. Sebagai sebuah kurikulum berbasis kompetensi, kurikulum ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Untuk mencapai ketiga kompetensi tersebut dibutuhkan pembelajaran yang dapat mengarahkan peserta didik dari pendekatan tekstual menuju proses penguatan pendekatan ilmiah/saintifik. Dengan begitu diharapkan melahirkan peserta didik yang produktif, efektif, inovatif, dan kreatif. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pendekatan saintifik yang sudah diterapkan di MIN 1 Tulungagung sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Untuk mengetahui hal tersbut peneliti merumuskan focus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan proses dalam mengobservasi pada mata pelajaran IPA di MIN 1 Tulungagung?, 2) Bagaimana penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan proses dalam menanya pada mata pelajaran IPA di MIN 1 Tulungagung?, 3) Bagaimana penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan proses dalam mencoba pada mata pelajaran IPA di MIN 1 Tulungagung?, 4) Bagaimana penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan proses dalam menalar pada mata pelajaran IPA di MIN 1 Tulungagung?, 5) Bagaimana penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan proses dalam mengkomunikasikan pada mata pelajaran IPA di MIN 1 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan keterampilan proses belajar peserta didik melalui pendekatan saintifik di MIN 1 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan merupakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Sumber data penelitian ini meliputi, 1) person (orang) yaitu, (a) kepala sekolah, (b) waka kurikulum, (c) wali kelas, dan (d) peserta didik, 2) paper (kertas/dokumen) yaitu, berupa dokumentasi foto-foto selama proses pembelajaran di MIN 1 Tulungagung, 3) place (tempat) yaitu, di MIN 1 Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verification. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan trianagulasi sumber, teknik, dan penyidikan. Kemudian hasil penelitian skripsi ini adalah (1) keterampilan proses mengamati menggunakan suatu alat indera atau lebih seperti melihat, menyimak, mendengar, dan membaca, (2) keterampilan proses menanya mengajukkan pertanyaan apa yang telah dilihat, dibaca, dan didengar oleh peserta didik, (3) keterampilan proses mencoba meninggkatkan keinginan peserta didik untuk memperkuat fakta dengan cara mengumpulkan data, mengembangkan kreativitas, dan kerja ilmih atau eksperimen, (4) keterampilan proses menalar membangun kemampuan berpikir secara kreatif dan luas tentang keterkaitan informasi satu dengan informasi yang lain dan bersikap ilmiah, (5) keterampilan proses mengkomunikasikan mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, mengungkapkan pendapat dengan singkat dan jelas, dan mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163200 SHENI UMI KHOIRIYAH
Date Deposited: 21 Jan 2021 01:56
Last Modified: 29 Apr 2021 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17826

Actions (login required)

View Item View Item