PENGARUH MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BERBAHASA JAWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA KARANGSONO NGUNUT TULUNGAGUNG

MUHAMMAD HAMIM BORHANI, 17205163024 (2020) PENGARUH MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BERBAHASA JAWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA KARANGSONO NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (107kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media sosial YouTube terhadap keterampilan berbicara berbahasa Jawa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Hamim Borhani, NIM. 17205163024, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. Mohamad Jazeri, S. Ag, M.Pd Kata Kunci: Media Sosial YouTube, Keterampilan Berbicara, Bahasa Jawa Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada era pendidikan sekarang peserta didik kurang memiliki cara berkomunikasi dengan baik dalam proses pembelajaran maupun di luar jam pembelajaran terutama dalam penggunaan bahasa Jawa. Peserta didik lebih menggunakan bahasa Indonesia atau memakai bahasa Jawa kasar dalam berkomunikasi. Buruknya ini digunakan peserta didik dalam berkomunikasi dengan orang yang lebih tua darinya dan bahkan gurunya. Oleh karena itu hendaknya guru mampu memberikan alternatif konsep pembelajaran dalam berbahasa Jawa. Salah satu contoh menggunakan media sosial YouTube dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan agar peserta didik bisa lebih memahami dan mengaplikasikan materi yang disampaikan, sehingga keterampilan berbicara berbahasa Jawa peserta didik dapat tumbuh dan mampu meningkatkan cara keterampilan berbicara peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh media sosial YouTube terhadap keterampilan berbicara berbahasa Jawa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung? 2) Seberapa besar pengaruh media sosial YouTube terhadap keterampilan berbicara berbahasa Jawa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan pengaruh pengaruh media sosial YouTube terhadap keterampilan berbicara berbahasa Jawa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung. 2) Untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh media sosial YouTube terhadap keterampilan berbicara berbahasa Jawa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya Quasi Experimen (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakanakan adalah Uji T, yang sebelumnya diuji prasarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh media sosial YouTube terhadap keterampilan berbicara berbahasa Jawa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t keterampilan berbicara berbahasa Jawa diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media sosial YouTube terhadap keterampilan berbicara

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163024 MUHAMMAD HAMIM BORHANI
Date Deposited: 22 Jan 2021 04:31
Last Modified: 28 Apr 2021 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17886

Actions (login required)

View Item View Item