NURUDIN SYAFI’I, 17201163225 (2020) STRATEGI GURU PAI DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS 8 DI MTSN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (941kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (360kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (237kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (110kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “ Strategi guru PAI dalam Menciptakan Budaya Religius Peserta Didik Kelas 8 di MTsN 2 Kota Blitar “, ini ditulis oleh Nurudin Syafi’i (17201163225) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam dibimbing oleh Prof. Dr . H. Akhyak, M.Ag Kata Kunci : Strategi, Budaya Religius Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fakta yang terjadi yaitu budaya strategi guru pai dalam menciptakan budaya religius di sekolah dimana dilakukan pembiasaan- pembiasaan dalam menginternalisasi karakter religius pada diri peserta didik kelas 8 di MTsN 2 Kota Blitar. Fokus penelitianya adalah 1) Bagaimana strategi guru pai daam menciptakan budaya religius melalui dzikir peserta didik kelas 8 di MTsN 2 Kota Blitar ? (2 Bagaimana stratgi guru pai dalam menciptakan budaya religius peserta didik kelas 8 melalui hafalanj surat pendek di MTsN 2 Kota Blitar ? 3) Bagaimana strategi guru pai dalam menciptakan budaya religius peserta didik kelas 8 di MTsN 2 Kota Blitar ? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya yang termasuk kategori penelitian lapangan dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitianya adalah (1 strategi guru pai dalam menciptakan budaya religius melalui dzikir adalah dengan membiasakan mengikutkan peserta didik untuk berdzikir baiks etelah sholat dhuhur maupun sholat dhuha di mushola sekolah dengan di dampingi oleh bapak ibu guru dan dalam pengawasan langsung oleh kepala sekolah. (2 Strategi guru dalam menciptakan budaya religius melalui hafala surat pendek kelas8 di MTsN 2 Kota Blitar adalah dengan mengatur jam pelajaran bahwa siswa diwajibkan untuk mengiukuti hafalan surat pendek setiap pagi dengan dipimpin dan bimbingan langsung oleh wali kelas atau guru piket yang bertugas pukul 07.00 sebelum memulai pelajaran selama 5 menit. (3 Strategi guru pai dalam menciptakan budaya religius melalui asmaul husna kelas 8 di MTsN 2 Kota Blitar adalah dengan melakukan pengawasan serta mewajibkan peserta didik untuk mengikuti kegiatan tersebut di dalam kelas masing masing setiap hari senin setelah upacara masuk pada pukul 6.45 dilanjut masuk kelas pukul 07.00 untuk melafalkan asmaul husna dengan bimbinga langusng oleh wali kelas atau guru piket yang bertugas sebelum memulai pelajaran selama 5 menit.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163225 NURUDIN SYAFI’I |
Date Deposited: | 25 Jan 2021 03:40 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 07:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17901 |
Actions (login required)
View Item |