AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI PESERTA DIDIK DI MTsN 9 BLITAR

AHMAD ZAINUL ARIFIN, 17201163293 (2020) AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI PESERTA DIDIK DI MTsN 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (854kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (474kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Mandiri Peserta Didik diMTsN 9 Blitar” ini ditulis oleh Ahmad Zainul Arifin, NIM 17201163293, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen pembimbing Drs. H. Masduki, M.A Kata Kunci : Strategi Guru , Karakter Mandiri, Faktor dan Dampak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karakter mandiri peserta didik yang ada di MTsN 9 Blitar, kurangnya kesadaran peserta didik dalam masalah kedisiplinan dalam kewajiban di Madrasah. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana bentuk strategi guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter mandiri di MTsN 9 Blitar; (2) Faktor apa yang mempengaruhi strategi guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter mandiri siswa di MTsN 9 Blitar; (3) Bagaimana dampak dari strategi guru aqidah ahklak dalam membentuk karakter mandiri peserta didik diMTsN 9 Blitar. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) ) Mendeskripsikan bentuk strategi guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter mandiri di MTsN 9 Blitar; (2) Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi strategi guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter mandiri siswa di MTsN 9 Blitar; (3) Mendeskripsikan dampak dari strategi guru aqidah ahklak dalam membentuk karakter mandiri peserta didik diMTsN 9 Blitar. Hasil dari penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa: (1) bentuk strategi guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter mandiri di MTsN 9 Blitar yaitu dengan menanamkan pemahaman, keteladan dan pembiasaan peserta didik dapat menumbuhkan karakter mandiri untuk melakukan tanggung jawabnya. (2) faktor yang mempengaruhi strategi guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter mandiri siswa di MTsN 9 Blitar yaitu kemandirian emosional intelektual dan metode ceramah yang mempengaruhi pembentukan karakter mandiri pada peserta didik. (3) Dampak strategi guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter mandiri pada peserta didik MTsN 9 Blitar, yaitu: turunnya perilaku negatif dan meningkatnya prestasi peserta didik, dan peserta didik bersikap sopan dalam perkataan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163293 AHMAD ZAINUL ARIFIN
Date Deposited: 27 Jan 2021 07:47
Last Modified: 26 Apr 2021 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17937

Actions (login required)

View Item View Item