PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SETYOWATI, ANIS (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian awal.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (385kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran all.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015” ditulis oleh Anis Setyowati, NIM 3217113009, pembimbing Dr. Eni Setyowati, MM. Kata Kunci : kooperatif , STAD, hasil belajar, IPA. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran IPA di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung hasil belajar siswa masih rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Dengan model tersebut, diharapkan dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar IPA, sehingga hasil belajar IPA dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk mata pelajaran IPA materi Peristiwa Alam dan Dampaknya pada siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi Peristiwa Alam dan Dampaknya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015? Adaapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk mata pelajaran IPA materi Peristiwa Alam dan Dampaknya pada siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun ajaran 2014/2015. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPA materi Peristiwa Alam dan Dampaknya pada siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila ketuntasan belajar siswa mencapai 75% dari jumlah siswa satu kelas dengan nilai KKM 75. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), ada peningkatan hasil belajar IPA kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Dari hasil analisis diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari tes awal hingga tes siklus II. Yaitu hasil belajar siswa pada tes awal dengan rata-rata nilai 72,5 ketuntasan belajar 50%, siklus I ratarata nilai 72,6 ketuntasan belajar 56,66%, siklus II rata-rata nilai 82 ketuntasan belajar 80%. Berdasarkan paparan data, temuan penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: ANIS SETYOWATI
Date Deposited: 18 Aug 2015 06:00
Last Modified: 18 Aug 2015 06:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1794

Actions (login required)

View Item View Item