PENGARUH PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII MTsN 2 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020

IMRO’ATUL AZIZAH, 17209163046 (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII MTsN 2 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Metode outdoor Study Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Imro’atul Azizah NIM. 17209163046. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung dibimbing oleh Luluk Indarti M.Pd,I Kata kunci : Penerapan Metode Outdoor study, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Proses pembelajaran dirasa sangat kurang menarik, siswa tidak semangat dan bosan dengan metode ceramah, sehingga berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan demikian diperlukan perubahan yaitu salah satunya dengan perubahan penerapan metode pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa serta menyukai mata pelajaran IPS yaitu dengan menerapkan metode outdoor study merupakan metode pembelajaran dimana siswa diajak belajar diluar kelas dengan konsep konsep yang telah ditentukan. Diharapkan dengan metode ini siswa termotivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS mencapai KKM yang sudah ditentukan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Apakah ada pengaruh penerapan metode outdoor study terhadap motivasi siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar? 2) Apakah ada pengaruh penerapan metode outdoor study terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar? 3) Apakah ada pengaruh penerapan metode outdoor study terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Metode pengumpulan data pada penilitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang aktivitas pembelajaran di kelas VIII. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang profil sekolah. Adapun pengelolaan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji validitas, uji t-test dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh penerepan metode outdoor study terhadap motivasi siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t-test untuk motivasi siswa diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,001. Karena signifikasi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Ada pengaruh penerapan metode outdoor study terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk post test hasil belajar siswa diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,001. Karena signifikasi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Ada pengaruh penerapan metode outdoor study terhadap motivasi dan hasil belaja. Hal ini berdasarkan perhitungan uji Manova untuk motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,001. Karena signifikasi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163046 IMRO’ATUL AZIZAH
Date Deposited: 01 Feb 2021 07:35
Last Modified: 27 Apr 2021 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18096

Actions (login required)

View Item View Item