PENGARUH METODE PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, TEST (PQRST) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK MIN 2 BLITAR DAN MIN 7 BLITAR

LUTFATUL AZIZAH, 12505184022 (2020) PENGARUH METODE PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, TEST (PQRST) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK MIN 2 BLITAR DAN MIN 7 BLITAR. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (784kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Metode Preview, Question, Read, Summarize, Test (PQRST) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik MIN 2 Blitar dan MIN 7 Blitar Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Lutfatul Azizah NIM 12505184022. Pembimbing Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd.I Kata Kunci: Metode PQRST, Kemampuan Membaca Pemahaman, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa saat pembelajaran Bahasa Indonesia tentang rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Pembelajaran bahasa Indonesia peserta didik masih sulit untuk memahami bacaan yang dibacanya yang dibuktikan peserta didik masih sulit menjawab pertanyaan yang ada pada bacaan dan masih sulit menceritakan kembali apa yang telah mereka baca. Membaca pemahaman sangat penting dalam kegiatan belajar karena sangat berpengaruh dalam hasil belajarnya. Guru harus menguasai metode-metode yang bisa membantu proses pembelajaran bahasa Indonesia tentang membaca pemahaman. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang membaca pemhaman yaitu dengan menerapkan metode PQRST. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Seberapa baik penggunaan metode PQRST terhadap kemampuan membaca pemahaman MIN 2 Blitar dan MIN 7 Blitar? (2) Seberapa baik penggunaan metode PQRST terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Peserta didik MIN 2 Blitar dan MIN 7 Blitar? (3) Adakah pengaruh penggunanan metode PQRST terhadap kemampuan membaca pemahaman Peserta didik MIN 2 Blitar dan MIN 7 Blitar? (4) Adakah pengaruh penggunanan metode PQRST terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Peserta didik MIN 2 Blitar dan MIN 7 Blitar? (5) Adakah pengaruh penggunanan metode PQRST terhadap kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar Bahasa Indonesia Peserta didik MIN 2 Blitar dan MIN 7 Blitar? (6) Adakah perbedaan penggunaan metode PQRST terhadap kemampuan membaca pemahaman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol peserta didik MIN 2 Blitar dan MIN 7 Blitar? (7) Adakah perbedaan penggunaan metode PQRST terhadap hasil belajar bahasa Indonesia antara kelas eksperimen dan kelas kontrol peserta didik MIN 2 Blitar dan MIN 7 Blitar? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, angket, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dengan Statistik Diskriptif, Independent Samples t-test) dan Uji MANOVA (Multivariate Analisis of Variance). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V MIN 2 Blitar dan seluruh peserta didik kelas V MIN 7 Blitar. Sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengambilan sampel peserta didik kelas VA MIN 2 Blitar sebagai kelas eksperimen dan VB MIN 7 Blitar yang sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan perhitungan software SPSS Versi 18.00 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode PQRST berdampak baik terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik MIN 2 Blitar dan MIN 7 Blitar. (2) metode PQRST berdampak baik terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia yang ditunjukkan dari nilai rata-rata perbandingan antara kelas eksperimen dan kontrol (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunanan metode PQRST terhadap kemampuan membaca pemahaman Peserta didik MIN 2 Blitar dan MIN 7 Blitar yang dibuktikan dari nilai Sig. (2-tailed) < nilai Probability (0,000 < 0,05). (4) Ada pengaruh yang signifikan penggunanan metode PQRST terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Peserta didik MIN 2 Blitar dan MIN 7 Blitar yang dibuktikan dari nilai Sig. (2-tailed) < nilai Probability (0,000 < 0,05). (5) Ada pengaruh yang signifikan penggunanan metode PQRST terhadap kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar Bahasa Indonesia Peserta didik MIN 2 Blitar dan MIN 7 Blitar yang dibuktikan dari nilai Sig. (2-tailed) < nilai Probability (0,000 < 0,05). (6) Ada perbedaan penggunaan metode PQRST terhadap kemampuan membaca pemahaman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol peserta didik MIN 2 Blitar dan MIN 7 Blitar yang dibuktikan dari nilai thitung > ttabel atau 3020 > 2,018 dan nilai Sig. (2-tailed) < nilai Probability (0,004 < 0,05), (7) Ada perbedaan penggunaan metode PQRST terhadap hasil belajar bahasa Indonesia antara kelas eksperimen dan kelas kontrol Peserta didik MIN 2 Blitar dan MIN 7 Blitar yang dibuktikan dari nilai thitung > ttabel atau 2,333 > 2,018 nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,025 dan nilai Sig. (2-tailed) < nilai Probability (0,025 < 0,05).

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505184022 LUTFATUL AZIZAH
Date Deposited: 02 Feb 2021 03:44
Last Modified: 28 Apr 2021 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18127

Actions (login required)

View Item View Item