OKTA DINA HARIROH, 17201163395 (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (763kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (645kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (975kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (734kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (444kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (94kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi Dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Peserta didik di SMPN 1 Ngunut-Tulungagung” ini ditulis oleh Okta Dina Harioh, NIM. 17201163395, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata Kunci: Membina Kedisiplinan, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa strategi guru pendidikan agama islam dalam membina kedisiplinan dan motivasi belajar sangatlah penting, mengingat peraturan dari PERMENDIKBUD Nomor 51 Tahun 2018 tentang sistem Zonasi yang di terapkan sejak tahun 2018 menjadikan PR yang sangat besar bagi Guru Pendidikan Agama Islam. Hal ini kaena pihak sekolah tidak bisa memilih input dari peserta didiknya seideal dulu karena peraturan dari PERMENDIKBUD. Oleh karena itu input peserta didiknya menjadi heterogen secara prestasi. Tentu, melalui kedisiplinan dan motivasi belajar peserta didik menjadi tugas utama bagi guru, terutama guru pendidikan agama islam untuk merumuskan strategi yang tepat dalam melakukan pembinaan kedisiplinan dan motivasi belajar tersebut. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMPN 1 Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMPN 1 Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana Implikasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMPN 1 Ngunut Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Peserta Didik yaitu melalui Program Penguatan pendidikan Karakter, Pendekatan Intern, Melatih Pembiasaan, Teladan, dan Hukuman. (2) Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Peserta Didik yaitu karena adanya latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, kurangnya pengawasan dari pihak sekolah, pengaruh teman sebaya, kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua. (3) Implikasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Peserta Didik yaitu mengubah peserta didik menjadi manusia yang lebih baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163395 OKTA DINA HARIROH |
Date Deposited: | 02 Feb 2021 04:06 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 02:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18130 |
Actions (login required)
View Item |