PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS AUTOPLAY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS II MIN 4 TULUNGAGUNG

NIHAYATUL HUSNIYAH, 12505174034 (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS AUTOPLAY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS II MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (972kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
BAB I .pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (650kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Autoplay dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas II MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Nihayatul Husniyah, NIM. 12505174034 dengan pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd dan Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Multimedia, Interaktif Autoplay, Bahasa Arab. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Fenomena tersebut mengakibatkan adanya persaingan dalam berbagai bidang kehidupan, salah satu diantaranya bidang pendidikan. Perkembangan IT telah menjanjikan potensi besar dalam merubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi, menyesuaikan informasi dan sebagainnya. Ilmu pengetahuan dan Teknologi menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga dapat memberikan hasil belajar yang maksimal. Demikian juga bagi peserta didik, dengan multimedia diharapkan peserta didik akan lebih mudah dalam memahami pembelajaran, dan menyerap informasi secara cepat dan efisien. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana pengembangan produk multimedia interaktif berbasis autoplay dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas II MIN 4 Tulungagung? (2) Bagaimana perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan multimedia interaktif berbasis autoplay dengan yang menggunakan pembelajaran tradisonal dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas II MIN 4 Tulungagung? Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE pengembangan ini dapat memberikan inovasi pembelajaran untuk pendidik dan peserta didik serta membantu meningkatkan keefektifan belajar peserta didik melalui multimedia interaktif berbasis autoplay. Dan bermanfaat untuk menambah wawasan pendidik untuk berinovasi mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis IT. Hasil penelitian dan pengembangan ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) pengembangan multimedia interaktif berbasis autoplay dalam pembelajaran Bahasa Arab ini menghasilkan suatu produk pembelajaran interaktif. (2) Multimedia interaktif berbasis autoplay layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab, yang diketahui dari uji kelayakan oleh ahli media sebesar 83,75% dan ahli materi sebesar 95,83% (3) Multimedia interaktif berbasis autoplay dalam pembelajaran lebih baik dari pada pembelajaran tradisional, yang diketahui dari perolehan hasil belajar melalui perhitungan independent sample ttest bahwa nilai signifikansi adalah 0,001 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis autoplay dengan pembelajaran tradisional terhadap hasil belajar Bahasa Arab peserta didik kelas II MIN 4 Tulungagung.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505174034 NIHAYATUL HUSNIYAH
Date Deposited: 04 Feb 2021 07:57
Last Modified: 28 Apr 2021 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18243

Actions (login required)

View Item View Item