PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ALIK KHUSNA FARIDA, 17205153052 (2020) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Alik Khusna Farida, 17205153052 Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berhasilnya hasil belajar peserta didik karena kondisi pembelajaran di sekolah masih berorientasi pada teacher center atau masih berpusat pada guru sehingga peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, peserta didik hanya memperhatikan penjelasan dari guru dan mengandalkan buku paket yang tersedia. Dengan model pembelajaran tersebut peseta didik merasa bosan hingga akhirnya ada beberapa peserta didik yang bermain atau berbicara sendiri. Kondisi ini mengakibatkan pada peserta didik yang kurang memahami materi yang telah dijelaskan oleh guru. Berdasarkan masalah yang terjadi di lapangan, maka peneliti melakukan eksperimen dengan mengembangkan metode pembelajaran dengan menggunakan Metode Mind Mapping dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya kelas IV MI Miftahuh Huda Banjarejo. Rumusan masalah dalam penelitian ini : (1) Bagaimana pelaksanaan Metode Mind Mapping di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung? (2) Adakah pengaruh Metode Mind Mapping terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung? (3) Seberapa besar pengaruh Metode Mind Mapping terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotagan Tulungagung? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas IV dengan sampel yang digunakan adalaha peserta didik kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan IV-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, Uji-t dan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan Metode Mind Mapping yang dilakukan secara efektif dan efisien akan menghasilkan hasil belajar yang baik dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Karena pada dasarnya, pembelajaran yang dapat menimbulkan ketertarikan, maka peserta didik akan lebih mudah memahami dan sukar melupakan pembelajaran yang telah disampaikan. (2) Ada Pengaruh yang signifikan antara Metode Mind Mapping terhadap hasil belajar fiqih peserta didik di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai sig. (2.tailed) yang diperoleh yaitu 0,00 atau 0,00 < 0,05 maka, H 0 ditolak dan H a diterima. (3) Besar pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas IV di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung, memperoleh nialai Cohen‟s d = 1,6 dengan presentasi sebesar 94,5% yang artinya sebanyak 94,5% hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh metode mind mapping dan 5,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205153052 ALIK KHUSNA FARIDA
Date Deposited: 09 Feb 2021 05:25
Last Modified: 26 Apr 2021 04:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18248

Actions (login required)

View Item View Item