LIA CANDRA DEWI, 17209163018 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTsN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (721kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruhi Model iPembelajaran Mind iMapping Terhadap Kreativitasi dan Hasil iBelajar Siswa Pada Mata iPelajaran IPS Kelas VIII MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Lia Candra Dewi, NIM. 17209163018 Fakultas Tarbiyahi dan Ilmu iKeguruan, Jurusan Tadris Ilmu iPengetahuan Sosial, IAIN iTulungagung. Bapak Anggoro Putranto, M.Sc. selaku Dosen Pembimbing Skripsi. Kata kuncii: Model Pembelajaran Mind iMapping, Kreativitas iBelajar IPS, Hasil iBelajar IPS. Penelitian ini dilatar ibelakangi oleh kondisi ididalam sekolah kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran. Hal ini bisa iberakibat pada rendahnya ikreativitas dan hasil ibelajar pada siswa. Rendahnya kreativitas siswa berasal dari kurang aktifnya siswa dalam proses ipembelajaran. Selain itu guru hanya menggunakan metode ceramah atau konvensional yang menyebabkan rendahnya hasil ibelajar siswa. Karena disini siswa merasa bosan dengan model pembelajaran yang telah diterapkan oleh guru. Maka dari itu perlu adanya ipembaruan dalam proses pembelajaran salah satunya menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas belajar siswa IPS di kelas VIII MTs N 5 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Mind Mapping tehadap hasil belajar siswa IPS kelas VIII MTsN 5 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar IPS kelas VIII MTsN 5 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas dan juga hasil belajar siswa. Penelitian ini telah dilaksanakan di MTsN 5 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian Kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen atau eksperimen semu. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 5 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, angket atau kuesioner, dan soal test. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-test dan Uji Manova . Hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas VIII MTsN 5 Tulungagung pada tanggal 21 januari sampai 8 februari 2020 menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas siswa antara kelas eksperimen (Kelas VIII D) dan kelas kontrol (KelasVIII G) yang diketahui bahwa Sig 0,002<0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa antara kelas eksperimen (Kelas VIII D) dan kelas kontrol (Kelas VIII G) yang diketahui bahwa Sig 0,001< 0,05. (3)Terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen (Kelas VIII D) dan kelas kontrol (Kelas VIII G) yang diketahui bahwa Sig 0,000< 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 17209163018 LIA CANDRA DEWI |
Date Deposited: | 08 Feb 2021 08:14 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 02:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18252 |
Actions (login required)
View Item |