PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MIN 7 TULUNGAGUNG

RIRYS SUKMAWATI, 17205163103 (2020) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (987kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIN 7 Tulungagung. Ditulis oleh Rirys Sukmawati, NIM 17205163103, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. Pembimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Gaya Kognitif, Hasil Belajar Penerapan kurikulum 2013 siswa dituntut untuk menjadi lebih aktif. Kompetensi pada kurikulum 2013 yang harus dikuasai siswa adalah kemampuan berpikir kritis. Dikatakan berpikir kritis adalah siswa dapat menganalisis ide/gagasan secara logika dan mengevaluasi serta mengambil keputusan yang dipercayainya dalam memecahkan masalah. Perbedaan gaya kognitif siswa juga perlu diperhatikan, mengingat gaya kognitif berhubungan dengan cara penerimaan pemrosesan informasi seseorang. Salah satu gaya kognitif yang perlu diperhatikan adalah gaya kognitif yang ditinjau dari tempo belajar siswa yaitu gaya kognitif reflektif dan impulsif. Berdasarkan pengamatan lapangan di MIN 7 Tulungagung, banyak siswa mengerjakan soal dengan waktu yang singkat tanpa meneliti kembali jawabannya. Sehingga banyak ditemui jawaban yang masih kurang tepat khususnya pada pelajaran Matematika. Kebanyakan siswa masih belum memahami konsep-konsep Matematika yang sederhana. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian kemampuan berpikir kritis berdasar gaya kognitif siswa untuk melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar Matematika siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV MIN 7 Tulungagung, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV MIN 7 Tulungagung, (3) untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis dan gaya kognitif pada hasil belajar matematika siswa kelas IV MIN 7 Tulungagung. Berdasarkan tujuan dari penelitian ini, peneliti mengambil pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kasual-komparatif, teknik sampling menggunakan teknik pertimbangan (purposive sampling). Penelitian ini dilakukan di MIN 7 Tulungagung dengan populasi seluruh siswa kelas IV dan sampel yang diambil 25 siswa kelas IV-B MIN 7 Tulungagung. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan regresi linear berganda, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil uji regresi linear kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV MIN 7 Tulungagung. (2) hasil uji regresi linear gaya kognitif pada hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV MIN 7 Tulungagung. (3) Berdasarkan hasil uji Regresi Linear Berganda diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan gaya kognitif pada hasil belajar matematika siswa kelas IV MIN 7 Tulungaagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163103 RIRYS SUKMAWATI
Date Deposited: 05 Feb 2021 02:43
Last Modified: 29 Apr 2021 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18262

Actions (login required)

View Item View Item