PENGARUH METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA DI SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR

FIKI MUTAMIMATUN NADA, 17204163254 (2020) PENGARUH METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA DI SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fiki Mutamimatun Nada, NIM 17204163254, “Pengaruh Metode Learning Start With a Question (LSQ) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika di SMP Muallimin Wonodadi Blitar” Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Pembelajaran Aktif, Learning Start With a question, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Pada kenyataannya di sekolah masih banyak siswa yang tidak menyukai matematika. Fenomena ini menyebabkan rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena pembelajaran lebih didominasi oleh guru. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang lebih didominasi oleh siswa, salah satunya yaitu metode Learning Start With a Question (LSQ). Melalui metode Learning Start With a Question (LSQ) pembelajaran akan lebih menarik karena siswa dituntut untuk berperan aktif sehingga motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. Learning Start With a Question (LSQ) adalah metode pembelajaran aktif dalam bertanya, dimana siswa dilibatkan langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Metode Learning Start With a Question (LSQ) terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada materi statistika di SMP Muallimin Wonodadi Blitar, (2) pengaruh Metode Learning Start With a Question (LSQ) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi statistika di SMP Muallimin Wonodadi Blitar, (3) pengaruh Metode Learning Start With a Question (LSQ) terhadap motivasi dan belajar siswa kelas VIII pada materi statistika di SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dipilih dua kelas. Kelas VIII A dengan jumlah 37 siswa dan kelas VIII B dengan jumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik yaitu Uji Independent Sample t-Test dan Uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan metode Learning Start With a Question (LSQ) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII pada materi statistika di SMP Muallimin Wonodadi Blitar, (2) ada pengaruh yang signifikan metode Learning Start With a Question (LSQ) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi statistika di SMP Muallimin Wonodadi Blitar, (3) ada pengaruh yang signifikan metode Learning Start With a Question (LSQ) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi statistika di SMP Muallimin Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163254 Fiki Mutamimatun Nada
Date Deposited: 05 Feb 2021 07:17
Last Modified: 27 Apr 2021 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18279

Actions (login required)

View Item View Item