MOH. FAHMI JAZILA, 17201163327 (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi Belajar dan Kreativitas Peserta Didik terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar”. Ditulis oleh Moh. Fahmi Jazila, NIM 17201163327, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag., NIP. 19751211200212001. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kreativitas Peserta Didik, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa motivasi belajar dan kreativitas peserta didik dapat mempengaruhi hasil belajar. Menumbuhkan motivasi belajar dan kreativitas peserta didik itu sangat penting. Sehinga motivasi belajar dan kreativitas peserta didik saling berkaitan untuk meningkatkan hasil belajar pada peserta didik. Hal tersebut sesuai jika diterapkan dan dikembangkan dalam pembelajaran PAI. Hal ini yang membutuhkan perhatian dari seorang guru PAI untuk menumbuhkan motivasi belajar dan kreativitas peserta didik serta memberikan dorongan agar mereka lebih semangat lagi dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar?. 2) Apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar?. 3) Apakah ada pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara motivasi belajar dan kreativitas peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah 209 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Ada pengaruh positif dan siginifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung 2.510 > nilai t tabel 2.000 dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05. 2) Ada pengaruh positif dan siginifikan antara kreativitas peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung 2.600 > nilai t tabel 2.000 dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05. 3) Ada pengaruh positif dan siginifikan secara bersama-sama antara motivasi belajar dan kreativitas peserta didik terhadap hasil belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar. Hal ini dapat dilihat dari nilai f hitung 3.968 > nilai f tabel 3.16 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 17201163327 MOH. FAHMI JAZILA |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 03:50 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 03:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18313 |
Actions (login required)
View Item |