WAHYUNI, NURIANA TRI (2015) HUBUNGAN KREATIVITAS GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]
|
Text
BAB I (sudah sidang).pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (sudah sidang).pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III (sudah sidang).pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV (sudah sidang).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V (sudah sidang).pdf Download (180kB) |
||
Text
COVER SKRIPSI dan hal.depan.pdf Download (918kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Kreativitas Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Nuriana Tri Wahyuni, NIM. 3211113146, dosen pembimbing Drs. Asrop Syafi‟i, M.Ag. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dengan tingginya kreativitas guru dalam belajar itu sangat berpengaruh dengan tingginya hasil belajar yang dicapai siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kreativitas guru dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana hubungan kreativitas guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana hubungan kreativitas guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan metode pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana hubungan kreativitas guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung? Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SMP Negeri 3 Kedungwaru, sebagai sumbangan pemikiran untuk program pembelajaran yang lebih baik dan sebagai motivasi dalam proses pembelajaran. Bagi para guru sebagai bahan evaluasi guru agar tercapai keberhasilan proses belajar mengajar yang sesuai dengan harapan. Bagi siswa sebagai bahan untuk meningkatkan motivasi belajar. Bagi para peneliti sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Dalam penelitaian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, angket dan interview. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kreativitas guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan media dan metode pembelajaran yang digunakan untuk mengumpulkan data dari responden. Sedangkan metode observasi, dokumentasi dan interview digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana prasarana sekolah dan dokumen profil sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kretivitas guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung sangat baik. (2) Hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Kedungwaru kebanyakan memilik nilai 70 ke atas, ini dapat disimpulkan bahwa keadaan hasil belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam baik. (3) Hubungan kreativitas guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung diperoleh indek skor korelasi r = 0,5101. Berdasarkan koefisien-koefisien hubungan yang diperoleh dapat dituliskan: 5% r hitung 0,5101 > r tabel = 0,381. Maka adanya hubungan signifikan. 1% r hitung 0,5101 > r tabel = 0,487. Dengan demikian, hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Maka adanya hubungan signifikan dan disimpulkan bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat hubungan yang sedang dan cukup.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | NURIANA TRI WAHYUNI |
Date Deposited: | 19 Nov 2015 02:06 |
Last Modified: | 19 Nov 2015 02:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1854 |
Actions (login required)
View Item |