PATHUL KHAER, 17204163043 (2020) PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (795kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (303kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (170kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (774kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (17kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (33kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pemahaman Konseptual dan Prosedural dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Siswa Kelas VII MTs Ma’arif NU Kota Blitar” ini ditulis oleh Pathul Khaer NIM. 17204163043. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci : Pemahaman konseptual, Pemahaman prosedural, Pemecahan masalah soal aljabar, Tahapan polya. Memahami konsep matematika merupakan suatu hal mendasar yang harus dikuasai oleh siswa. Sehingga guru harus bisa menanamkan konsep dasar yang kuat supaya siswa benar-benar memahami matematika secara runtut. Hal utama yang menyebabkan kurangnya pemahaman siswa dalam memahami konsep dan prosedur penyelesaian masalah matematika yaitu berasal dari siswa itu sendiri. Faktor-faktor penyebabnya antara lain kurangnya konsentrasi siswa dalam belajar, tingkat kecerdasan siswa yang berbeda-beda dan penyampaian materi yang kurang bisa dipahami oleh siswa. Berdasarkan penjelasan diatas, peneliti melakukan penelitian tentang pemahaman konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan soal aljabar siswa kelas VII MTs Ma’arif NU Kota Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa dalam menyelesaikan soal aljabar berdasarkan tahapan Polya siswa kelas VII MTs Ma’arif NU Kota Blitar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa dengan rincian 2 siswa dengan kemampuan tinggi dan 2 siswa dengan kemampuan rendah. Tahap selanjutnya yaitu analisis data yang dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan kemampuan tinggi mampu menyelesaikan soal dengan baik sesuai tahapan Polya, mulai dari memahami masalah, membuat rencana penyelesaian masalah, melaksanakan rencana dan mengevaluasi jawaban sehingga memenuhi semua indikator pemahaman konseptual dan prosedural. Sedangkan siswa dengan kemampuan rendah kurang mampu menyelesaikan soal dengan baik sesuai tahapan Polya, yaitu tidak mampu memahami masalah, tidak mampu membuat rencana penyelesaian masalah, tidak melaksanakan rencana dan tidak mampu mengevaluasi jawaban sehingga tidak memenuhi semua indikator pemahaman konseptual dan prosedural.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163043 Pathul Khaer |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 01:37 |
Last Modified: | 15 Mar 2021 03:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18690 |
Actions (login required)
View Item |