Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Interactive Handout terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Tulungagung

Parsiati, Parsiati (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Interactive Handout terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
AWAL LENGKAP.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Rev.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Rev.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV_Rev.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (172kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Interactive Handout, Hasil Belajar. Adanya kesulitan siswa dalam menghadapi pelajaran matematika dikarenakan, penyampaian materi ajar yang kurang menarik dari guru, pembelajaran yang kurang bermakna bagi siswa, siswa belum mampu menghubungkan materi yang dipelajari kedalam kehidupan sehari-hari, Sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa yang rendah. Selain itu, dilihat dari segi model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih mengikuti model yang pada umumnya masih klasikal atau konvensional, yang diterima siswa hanyalah penonjolan tingkat hafalan dari sekian macam topik, tetapi belum diikuti dengan pengertian dan pemahaman yang mendalam yang bisa diterapkan ketika mereka berhadapan dengan situasi baru dalam kehidupannya. Sehingga menimbulkan ketidak tanggapan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang akhirnya hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa bisa menerapkan sebuah Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Interactive Handout. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTs Negeri Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis interactive handout terhadap hasil belajar pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Tulungagung? (2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis interactive handout terhadap hasil belajar pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis interactive handout terhadap hasil belajar pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Tulungagung (2) Untuk menjelaskan besarnya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis interactive handout terhadap hasil belajar pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Tulungagung. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif, dan pola penelitian yang diterapkan yaitu eksperimen, variabel bebas (X) dalam penelitian xv ini adalah Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Interactive Handout. Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Tulungagung, cara pengambilan sampel yang digunakan probability sampling yaitu cluster random sampling (Area Sampling). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini kelas VIII A sebanyak 31 siswa dan kelas VIII D sebanya 39 siswa dengan jumlah siswa kedua kelas adalah 70 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, di uji dengan menggunakan uji hipotesis T Test. Hasil penelitian, (1) Ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Interactive Handout terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Tulungagung, dengan nilai t hitung sebesar 6,522, dan nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, Kesimpulannya H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Besarnya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis interactive handout terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Tulungagung adalah sebesar 46,82%, dengan interpretasi sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 17 Nov 2014 08:21
Last Modified: 17 Nov 2014 08:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item View Item