DENIS WAHYU PURWITASARI, 17402163098 (2020) STRATEGI MANAJEMEN PASAR TRADISIONAL SEBELUM DAN SESUDAH REVITALISASI (Studi Kasus Pada Pasar Ngantru Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (316kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (143kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (385kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (276kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (139kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (353kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Manajemen Pasar Tradisional Sebelum dan Sesudah Revitalisasi (Studi Kasus Pada Pasar Ngantru Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Denis Wahyu Purwitasari, NIM. 17402163098 dibimbing oleh Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi adanya program revitalisasi pasar tradisional agar keadaan pasar menjadi lebih baik dan bisa bersaing dengan pasar modern. Dengan dilaksanaknnya program tersebut apakah memberikan perubahan dan pengaruh terhadap manajemen pasar dari sebelum dan sesudah revitalisasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana strategi manajemen pasar tradisional sebelum dan sesudah revitalisasi di Pasar Ngantru?, (2) Bagaimana dampak strategi manajemen pasar tradisional sebelum dan sesudah revitalisasi di Pasar Ngantru?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data bersumber dari data primer dan sekunder. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah (1) Strategi manajemen di Pasar Ngantru sebelum revitalisasi yaitu: (Planning) pengelola pasar mengikuti perencanaan dari dinas; (Organizing) pembagian kerja berdasarkan pendidikan dan kemampuan; (Actuating) dalam pelaksanaan terdapat koordinasi dan pengarahan dari Kepala UPT Pasar; (Controlling) pengawasan pedagang langsung ke lapangan dan pengawasan pekerja ada sidak langsung dari dinas. Sesudah revitalisasi yaitu: (Planning) perencanaan sudah ditetapkan oleh dinas dan mengalami peningkatan; (Organizing) ada peningkatan jumlah pekerja; (Actuating) dalam pelaksanaan terdapat koordinasi dan pengarahan dari koordinator pasar; (Controlling) pengawasan pedagang langsung ke lapangan dan pengawasan pekerja dengan memantau kinerja petugas serta sidak langsung dari dinas. Selanjutnya, (2) Strategi manajemen tersebut membawa dampak positif dan negatif. Dampak positif sebelum revitalisasi yaitu: (Planning) target bisa cepat terpenuhi; (Organizing) mengetahui tanggung jawab setiap pekerja; (Actuating) target retribusi terpenuhi, pasar ramai, dll; (Controlling) mengetahui adanya permasalahan. Sesudah revitalisasi yaitu: (Planning) target bisa cepat terpenuhi; (Organizing) tanggung jawab setiap pekerja dapat diketahui; (Actuating) target retribusi terpenuhi, pasar semakin bersih, ramai, dll; (Controlling) mengetahui adanya permasalahan. Sedangkan dampak negatif sebelum revitalisasi yaitu: (Planning) tidak ada; (Organizing) pengelola pasar melaksanakan pekerjaan ganda; (Actuating) kebersihan pasar belum optimal, terjadi kemalingan, dll; (Controlling) ada sebagian pekerja dan pedagang yang merasa risih. Sesudah revitalisasi yaitu: (Planning) tidak ada; (Organizing) pengelola pasar melaksanakan pekerjaan ganda; (Actuating) kenaikan jumlah penarikan retribusi, pasar sepi, dll; (Controlling) ada sebagian pekerja dan pedagang yang merasa risih. Kata Kunci: Manajemen (Planning, Organizing, Actuating, Controlling), Pasar Tradisional, Dampak, Sebelum dan Sesudah Revitalisasi
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 17402163098 DENIS WAHYU PURWITASARI |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 07:10 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 02:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18730 |
Actions (login required)
View Item |