PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KONSEP DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN SEKECAMATAN PAGERWOJO KABUPATEN TULUNGAGUNG

MOHAMMAD MA’RUF, 12506174049 (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KONSEP DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN SEKECAMATAN PAGERWOJO KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (164kB)

Abstract

ABSTRAK Mohammad Ma‟ruf. 2019. Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Konsep Diri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN se Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing (1) Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan 2) Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Konsep Diri, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembentukan Karakter Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran masih kurang, yakni hanya sedikit peserta didik yang menunjukkan keaktifan berpendapat dan bertanya. Pertanyaan yang diajukan peserta didik juga belum menunjukkan pertanyaan-pertanyaan kritis berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari. Pada saat pendidik mengajukan pertanyaan, hanya beberapa peserta didik saja yang mampu menjawab pertanyaan. Kemudian jawaban dari pertanyaan masih sebatas ingatan saja, belum terdapat peserta didik yang menunjukkan jawaban analisis dari pertanyaan pendidik. Permasalahan yang selalu muncul pada saat pembelajaran berlangsung adalah sistem pembelajaran yang selama ini diterapkan belum mengoptimalkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dimana pembelajaran masih bersifat satu arah, sehingga peserta didik hanya dapat menguasai materi hanya sebatas apa yang disampaikan oleh pendidik, dan peserta didik lebih cenderung menghafal dari pada memahami konsep. Diharapkan dalam penelitian ini pendekatan saintifik dan konsep diri mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan pembentukan karakter siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN se Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung? 2) Adakah pengaruh pendekatan saintifik terhadap pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN se Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung? 3) Adakah pengaruh konsep diri terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN se Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung? 4) Adakah pengaruh konsep diri terhadap pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN se Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung? 5) Adakah pengaruh pendekatan saintifik dan konsep diri terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN se Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung? 6) Adakah pengaruh pendekatan saintifik dan konsep diri terhadap pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN se Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan asosiatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN se Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 846 siswa atau responden, teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Sampel penelitiannya adalah 89 responden atau siswa yang diambil dari SMPN se Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitiannya adalah menunjukkan 1) ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI diSMPN se Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung, 2) ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN se Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung, 3) Ada pengaruh konsep diri terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN se Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung, 4) Ada pengaruh konsep diri terhadap pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN se Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. 5) Ada pengaruh pendekatan saintifik, konsep diri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN se Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung, 6) Ada pengaruh pendekatan saintifik, konsep diri terhadap pembentukan karakter siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN se Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174049 MOHAMMAD MA’RUF
Date Deposited: 23 Feb 2021 07:10
Last Modified: 28 Apr 2021 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18761

Actions (login required)

View Item View Item