PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

FITRI KHOIRU SA’ADAH, 17205163012 (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Fitri Khoiru Sa’adah, NIM 172051 63012, pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata kunci : Problem Based Learning, Berpikir Kritis Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh perlunya inovasi dan variasi metode pembelajaran agar peserta didik tidak jenuh dalam belajar serta peserta didik dapat memahami materi pembelajaran dengan baik. Permasalahannya ketika berada di lapangan ialah peserta didik merasa bosan ketika pembelajaran yang diterapkan terlihat monoton sehingga mengakibatkan pembelajaran terlihat tidak kondusif serta peserta didik kurang maksimal dalam menerima materi yang diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan menyenangkan adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran ini membuat peserta didik menjadi lebih aktif serta merasa tertarik dalam pembelajaran. Adapun rumusan masalah: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis pemecahan masalah terhadap kemampuan interpretasi berpikir kritis peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung?, (2) Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis pemecahan masalah terhadap kemampuan analisis berpikir kritis peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung?, (3) Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis pemecahan masalah terhadap kemampuan evaluasi berpikir kritis peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan secara mendalam penerapan pembelajaran berbasis pemecahan masalah terhadap kemampuan interpretasi berpikir kritis peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan secara mendalam penerapan pembelajaran berbasis pemecahan masalah terhadap kemampuan analysis berpikir kritis peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan secara mendalam penerapan pembelajaran berbasis pemecahan masalah terhadap kemampuan evaluasi berpikir kritis peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Paparan data dan analisis data dilakukan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data serta analisis data. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi serta pengecekan sejawat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan interpretasi berpikir kritis peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung dilaksanakanmenyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki peserta didik. Kemampuan interpretasi berpikir kritis peserta didik telah terlihat dimana peserta didik mampu menafsirkan serta memberikan penjelasan tentang permasalahan yang telah diberikan. (2) Penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan analisis peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung difokuskan pada keaktifan peserta didik dimana guru memberikan ruang kepada peserta didik untuk mengekspresikan pendapatnya. Kemampuan analisis berpikir kritis peserta didik telah tercapai diantaranya mampu mengidentifikasi pertanyaan serta mampu memberikan argumennya tentang permasalahan yang sedang dihadapi. (3) Penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan evaluasi di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung dilakukan dengan selalu mengamati perkembangan kemampuan peserta didik setiap pembelajaranya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163012 FITRI KHOIRU SA’ADAH
Date Deposited: 22 Feb 2021 06:36
Last Modified: 27 Apr 2021 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18773

Actions (login required)

View Item View Item