STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER SOSIAL AGAMA PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

SIFA’ RAIS FATKHURROHMAT, 17201163027 (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER SOSIAL AGAMA PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (905kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (509kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (475kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Sosial Agama Kepada Peserta Didik di SMP Negeri 1 Campurdarat” ini ditulis oleh sifa’ Rais Fatkhurrohmat, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM: 17201163027 Tahun 2020 dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Ag. Kata Kunci : Strategi, Menanaman, Nilai Karakter Sosial Agama Pada masa sekarang dilihat dari segi perilaku yang dimiliki peserta didik kepada guru maupun orang lain yang lebih tua sudah mulai menurun. Sebagai seorang pendidik harus mampu berupaya mengaplikasikan beberapa strategi dalam upaya menanamkan akhlak peserta didik, baik itu strategi dalam penyampaian materi agama Islam dengan menggunakan strategi tentang kegiatan apa saja yang harus di laksanakan dalam menanamkan nilai-nilai karakter sosial agama pada peserta didik, karena dengan menggunakan strategi dapat menghasilkan tujuan yang diinginkan dalam proses pendidikan. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai karakter sosial agama tentang sikap tasamuh pada peserta didik di SMP Negeri 1 Campurdarat Tulungagung ? 2) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai karakter sosial agama tentang sikap tawadu’ pada peserta didik di SMP Negeri 1 Campurdarat Tulungagung ? 3) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai karakter sosial agama tentang sikap ta’awun pada peserta didik di SMP Negeri 1 Campurdarat Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan lokasi di SMP Negeri 1 Campurdarat Tulungagung. Data yang digali berdasarkan dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketentuan/keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian skripsi ini adalah: 1) Penamaman sikap tasamuh yang dilakukan guru Pendidikan agama islam di kelas menggunakan strategi CTL, strategi inkuri, dan strategi kooperatif, metode pembiasaan dan suri tauladan digunakan juga untuk mempelancar proses pembelajaran yang efektif dan efesien. Sedangkan di luar kelas didukung kegiatan keagamaan seperti kegiatan santunan anak yatim yang di selenggarakan pada bulan Muharrom dan mengajarkan peserta didik untuk bersikap menghargai saat ada yang sholat berjama’ah di masjid tidak boleh menggangu dan ramai di sekitar masjid. Kegiatan ekstrakulikulernya pun juga selalu mendukung seperti extra pramuka, osis dll. 2) Penanaman sikap tawadu’ yang dilakukan guru Pendidikan agama islam di kelas yaitu strategiekspositori, dan strategi CTL, serta metode keteladan, pembiasaan, sering mengasih nasehat-nasehat, perhatian, dan memberi hukuman. Sedangkan di luar kelas didukung kegiatan mushoffahah dengan guru saat masuk gerbang madrasah dan membiasakan untuk bersikap ramah kepada orang yang sedang berkunjung di madrasah dengan membungkukan kepala dan mengucapkan salam kepada mereka. 3) Penanaman sikap ta’awun yang digunakan guru Pendidikan agama islam di kelas yaitu CTL, dan strategi SPBM serta metode diskusi. Sedangkan di luar kelas didukung dengan kegiatan infa’ secara rutin pada hari jum’at, dan kegiatan ekstrakulikuler yang meliputi kegiatan PMR, pramuka, hadroh, dramben, futsal dll juga mendukung terlaksananya penanaman sikap ta’awun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163027 SIFA’ RAIS FATKHURROHMAT
Date Deposited: 24 Feb 2021 06:47
Last Modified: 29 Apr 2021 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18939

Actions (login required)

View Item View Item