PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS VIII MATERI IPS DI MTsN 2 TULUNGAGUNG

ROZA AMALIA PUTRI, 17209163008 (2020) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS VIII MATERI IPS DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (692kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Materi IPS di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Roza Amalia Putri, NIM 17209163008, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Hendra Pratama, M.Pd. Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Motivasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hambatan yang dihadapi siswa selama kegiatan pembelajaran IPS di MTsN 2 Tulungagung, contohnya seperti siswa yang masih merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, selain itu siswa juga sering merasa bosan sehingga membuat suasana proses belajar mengajar menjadi tidak efektif. Sehingga permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi agar siswa bisa lebih mudah memahami materi dan bisa mengaitkan materi yang dipelajarinya dengan kehidupan dunia nyata. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa materi IPS di MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021? (2) Bagaimana pengaruh penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi siswa materi IPS di MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021? (3) Bagaimana pengaruh penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar dan motivasi siswa materi IPS di MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021? Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa materi IPS di MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021. (2) Untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi siswa materi IPS di MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar dan motivasi siswa materi IPS di MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto dan korelasional. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Dalam penelitian menggunakan 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII H sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas VIII J sebagai kelas ontrol yang berjumlah 22 siswa. Pengambilan data dengan menggunakan metode pretest, posttest dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, uji normalitas, uji t-test dan uji manova. Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa: (1) Adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa materi sejarah di MTsN 2 Tulungagung dengan signifikansi 0.000 < 0.05. (2) Adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi siswa materi IPS di MTsN 2 Tulungagung dengan signifikansi 0.000 < 0.05. (3) Adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar dan motivasi siswa materi IPS di MTsN 2 Tulungagung dengan signifikansi 0.000 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sosiologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163008 ROZA AMALIA PUTRI
Date Deposited: 26 Feb 2021 07:37
Last Modified: 29 Apr 2021 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18995

Actions (login required)

View Item View Item