PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS ADOBE FLASH CS6 MATERI IPS TERPADU KELAS VIII SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

YAYUK HALIMAH SETIYAWATI, 17209163004 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS ADOBE FLASH CS6 MATERI IPS TERPADU KELAS VIII SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTAK.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya minat belajar dan daya tarik siswa pada mata pelajaran IPS, metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih konvensional (ceramah), kurangnya guru berinovasi memanfaatkan media pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa banyak yang dibawah KKM. Maka perlu dirancang media pembelajaran yang secara efektif menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran IPS berbasis Adobe Flash CS6 materi IPS Terpadu kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung tahun pelajaran 2019/2020? (2) bagaimana tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran IPS berbasis Adobe Flash CS6 materi IPS Terpadu kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran IPS berbasis Adobe Flash CS6 materi IPS Terpadu kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung tahun pelajaran 2019/2020. (2) untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran IPS berbasis Adobe Flash CS6 materi IPS Terpadu kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian dan pengembangan terdiri dari pengumpulan data, perencanaan, desain produk, uji validasi ahli, revisi produk, dan uji coba produk. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung dengan subyek penelitian kelas VIII G. Data penelitian ini didapat melalui analisis awal, angket validasi, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, serta nilai pre-test dan post-test. Hasil uji validasi ahli media menunjukkan kriteria valid dengan persentase 90,625%. Dan validasi ahli materi menunjukkan kriteria valid dengan persentase 93,34%. Hasil uji kepraktisan telah memenuhi 4 kriteria kepraktisan, yaitu hasil angket respon peserta didik bahwa produk praktis untuk digunakan. Validator menyatakan media dapat digunakan tanpa atau dengan revisi, nilai ketuntasan hasil belajar peserta didik lebih dari 75% yaitu 79,13% serta analisis pengamatan aktivitas peserta didik dengan persentase 20,68% menunjukkan media praktis digunakan. Hasil uji keefektifan media dengan uji hipotesis menggunakan Paired Samples Test data hasil tes diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,000. Karena nilai sig. (2-tailed) kurang dari taraf signifikansi = 0,05 yaitu 0,000 < 0,005 artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran IPS berbasis Adobe Flash CS6. Hasil ini terbukti dari nilai rata-rata pre-test<post-test yaitu 64,58% < 84,65%. Dengan demikian, media pembelajaran dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Sosiologi Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163004 Yayuk Halimah Setiyawati
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:00
Last Modified: 09 Mar 2021 02:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19142

Actions (login required)

View Item View Item