PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII DI MTs PSM TANEN REJOTANGAN

ADI BADARRUDIN, 17209153025 (2021) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII DI MTs PSM TANEN REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII di MTs PSM Tanen Rejotangan” ini ditulis oleh Adi Badarrudin, NIM 17209153025, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si, NIP. 198008222008012018 . Kata kunci: Model learning cycle, motivasi, hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS), yang disebabkan oleh rendahnya motivasi siswa sehingga berakibat pada hasil belajar yang rendah. Dalam pelaksana pembelajaran yang baik tidak lepas dari penggunaan media pembelajaran yang nantinya digunakan oleh masing-masing guru atau sekolah. Model Learning Cycle adalah suatu model yang dapat mengembangkan atau memperkaya konsep yang telah dimiliki siswa sebagai awal kognitifnya. Learning cycle merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa serta didasarkan pada pandangan kontruktivisme. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VII di Mts Psm Tanen Rejotangan, 2) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di Mts Psm Tanen Rejotangan, 3) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VII di Mts Psm Tanen Rejotangan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan B di MTs Psm Tanen. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Stratified Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan analisis regresi data. Pengecekan data dilakukan dengan keajegan dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian diketahuai : 1) Ada pengaruh yang signifikansi Metode Model Learning Cycle terhadap Motivasi Belajar IPS siswa Kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan Tahun Ajaran 2019/2020, 2) Ada pengaruh yang signifikansi Metode Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar IPS siswa Kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan Tahun Ajaran 2019/2020, 3) Ada pengaruh yang signifikansi Metode Model Learning Cycle terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS siswa Kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan Tahun Ajaran 2019/2020

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: Mahasiswa 17209153025 Adi Badarrudin
Date Deposited: 19 Mar 2021 01:33
Last Modified: 02 Nov 2021 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19229

Actions (login required)

View Item View Item