ADI BADARRUDIN, 17209153025 (2021) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII DI MTs PSM TANEN REJOTANGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (685kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII di MTs PSM Tanen Rejotangan” ini ditulis oleh Adi Badarrudin, NIM 17209153025, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si, NIP. 198008222008012018 . Kata kunci: Model learning cycle, motivasi, hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS), yang disebabkan oleh rendahnya motivasi siswa sehingga berakibat pada hasil belajar yang rendah. Dalam pelaksana pembelajaran yang baik tidak lepas dari penggunaan media pembelajaran yang nantinya digunakan oleh masing-masing guru atau sekolah. Model Learning Cycle adalah suatu model yang dapat mengembangkan atau memperkaya konsep yang telah dimiliki siswa sebagai awal kognitifnya. Learning cycle merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa serta didasarkan pada pandangan kontruktivisme. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VII di Mts Psm Tanen Rejotangan, 2) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di Mts Psm Tanen Rejotangan, 3) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VII di Mts Psm Tanen Rejotangan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan B di MTs Psm Tanen. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Stratified Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan analisis regresi data. Pengecekan data dilakukan dengan keajegan dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian diketahuai : 1) Ada pengaruh yang signifikansi Metode Model Learning Cycle terhadap Motivasi Belajar IPS siswa Kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan Tahun Ajaran 2019/2020, 2) Ada pengaruh yang signifikansi Metode Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar IPS siswa Kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan Tahun Ajaran 2019/2020, 3) Ada pengaruh yang signifikansi Metode Model Learning Cycle terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS siswa Kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan Tahun Ajaran 2019/2020
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | Mahasiswa 17209153025 Adi Badarrudin |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 01:33 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 02:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19229 |
Actions (login required)
View Item |