KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

RIZQHA BILMA’RUFAH, 17205163099 (2020) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (563kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (492kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meingkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Rizqha Bilma’rufah NIM 17205163099, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), dibimbing oleh Dr. Muhamad Zaini M.A Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Motivasi Belajar, Pembelajaran Tematik Perubahan dan perkembangan kurikulum baru yakni kurikulum 2013, mengharuskan seorang guru untuk tampil menjadi sosok yang lebih berkompeten. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik inilah yang nantinya sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan proses belajar mengajar, karena dalam kurikulum 2013 peserta didik diharuskan untuk tampil lebih aktif dan kreatif. Maka sudah sepatutnya seorang guru yang profesional harus mampu mengelola proses pembelajaran dengan meningkatkan motivasi dalam diri peserta didiknya. Sehingga dapat meningkatkan semangat, keaktifan, kekreatifitasan serta menambah pengetahuan baru terutama dalam pembelajaran tematik. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan guru menguasai karakteristik peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020? (2) Bagaimana kemampuan guru menguasai teori dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol TulungagungTahun Ajaran 2019/2020? (3) Bagaimana kemampuan guru berkomunikasi dengan peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data person, paper, place. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru sudah mampu menguasai karakteristik peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik dengan baik yaitu guru mampu memahami kondisi fisik, keadaan inteligensi, kondisi sosial dan kepribadian pada peserta didiknya. (2) Guru sudah mampu menguasai teori dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik dengan baik yaitu dengan menarik perhatian peserta didik, menyampaikan tujuan pembelajaran di awal pembelajaran, mengingatkan konsep/prinsip yang telah dipelajari, menyampaikan materi pembelajaran yang bervariasi, memberikan bimbingan belajar kepada peserta didik yang belum paham, memperoleh kinerja/penampilan peserta didik, memberikan feedback (umpan balik), serta menilai hasil belajar peserta didik. (3) Guru sudah mampu berkomunikasi dengan peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik dengan baik yaitu guru selalu Respect (menghargai) peserta didiknya, selalu beremphaty terhadap situasi dan kondisi yang dialami oleh peserta didik, Audible (dapat didengar dan dimengerti) oleh semua peserta didik, Clarity (jelas dalam menyampaikan pesan) dan Humble (rendah hati) terhadap semua peserta didiknya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: s1 17205163099 RIZQHA BILMA’RUFAH
Date Deposited: 29 Mar 2021 06:53
Last Modified: 29 Mar 2021 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19234

Actions (login required)

View Item View Item