EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK BEHAVIORAL TEKNIK SELFMANAGEMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) KELAS X DI SMK NEGERI 2 TULUNGAGUNG

FIVI ARISTA, 17306163079 (2021) EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK BEHAVIORAL TEKNIK SELFMANAGEMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) KELAS X DI SMK NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (344kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Abstrak Fivi Arista, NIM 17306163079, Efektifitas Konseling Kelompok Behavioral Self Management Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Kelas X SMKN 2 Tulungagung. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Progam Sarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci: Konseling kelompok behavioral, self management, motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Konseling Kelompok Behavioral Self Management Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Kelas X SMKN 2 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalen control group design pretest posttest one group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive sampling, diketahui dari 380 siswa kelas X terdapat 10 siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Kemudian ke 10 siswa tersebut dibagi menjadi 5 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 5 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengukuran tingkat keefektifan layanan konseling kelompok behavioral self management dalam meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan uji N-Gain Score, hasil yang di peroleh yaitu nilai mean kelompok eksperimen sebesar 1.8830, lebih besar dari nilai mean kelompok kontrol yaitu sebesar 0,655. Kemudian berdasarkan analisis menunjukan bahwa nilai F=0,572;p>0,05. Serta diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 14.635 > t tabel sebesar 2.300 dengan signifikansi sebesar 0,00. Nilai signifikansi menunjukan 0,00<0,05 yang menunjukan bahwa H 0 ditolak. Serta berdasarkan perhitungan nilai effect size Cohen-D adalah sebesar 9.255796%>2.00 yang termasuk dalam efektifitas tinggi. Berdasarkan temuan penelitian, nilai rata-rata kelompok eksperimen yang diberikan intervensi lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelompok kontrol yang tidak diberikan intervensi. Sehingga dapat dikatakan bahwa teknik konseling kelompok behavioral self management efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S1 17306163079 FIVI ARISTA
Date Deposited: 19 Apr 2021 07:10
Last Modified: 19 Apr 2021 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19331

Actions (login required)

View Item View Item