PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDIOTORI, VISUAL, INTELEKTUAL) DAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDA’IYAH JATI SALAM GOMBANG PAKEL TULUNGAGUNG

MASFIATUR ROCHMAN, 12505184023 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDIOTORI, VISUAL, INTELEKTUAL) DAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDA’IYAH JATI SALAM GOMBANG PAKEL TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (930kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (468kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)

Abstract

ABSTRAK Masfiatur Rochman, 12505184023, 2020 “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (somatis,audiotori,visual,intelektual) dan Video Pembelajaran Terhadap Hasil belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtida‟iyah Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. Pembimbing: Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd dan Dr. Adi Wijayanto, M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran SAVI, Video Pembelajaran, Hasil Belajar. Hasil belajar siswa sangat perlu ditingkatkan. Peningkatan tesebut di tunjang dengan penggunaan model dan media yang dapat memudahkan siswa untuk memahami materi, melatih konsentrasi dan fokus siswa terhadap materi serta membantu mengembangkan pengetahuan siswa dengan menghadirkan contoh konkrit di dalam kelas. Metode mengajar tradisional yang menekankan pada guru bercerita dan siswa mendengarkan harus lebih banyak dihindari agar keaktifan siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Memaparkan pengaruh model pembelajar SAVI (somatic, auditory, visual, intelektual) terhadap hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak kelas III di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. 2) Memaparkan pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas III di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. 3) Memaparkan pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Audiotori, Visual, Intelektual) dan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas III di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. 4) Memaparkan penerapan model pembelajaran SAVI (Somatis, Audiotori, Visual, Intelektual) dan video pembelajaran di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. 5) Mengetahui kendala dalam penerapan model pembelajaran SAVI (Somatis, Audiotori, Visual, Intelektual) di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. 6) Mengetahui hasil pembelajaran setelah menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatis, Audiotori, Visual, Intelektual) dan video pembelajaran di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuasi atau eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan Independent Samples t-test dan Uji F. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah siswa kelas 1 -6 Madrasah Ibtida‟iyah Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung.sampel yang diambil dari penelitian ini 20% dari jumlah populasi yaitu diambil tiga kelas sebagai sampel adalah siswa kelas B & C sebagai kelas eksperimen dan kelas D sebagai kelas kontrol. Variabel independe model pembelajaran SAVI dan video pembelajaran, variabel dependen hasil belajar siswa. Data diambil dengan uji t test dan uji f. Hasil penelitian ini adalah: 1) Diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,021, nilai Sig.(2-tailed) 0,021 < 0,05 maka ditolak dan diterima. Artinya, ada pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar. 2) Diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,002. Nilai Sig.(2-tailed) 0,002 < 0,05 maka ditolak dan diterima. Bahwa terdapat pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar. 3) Diperoleh Sig sebesar 0,000. 0,000 < 0,05 maka ditolak dan diterima. Dengan demikian dapatlah ditarik kesimpulan pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara Model Pembelajaran SAVI (X1) dan Vidieo Pembelajaran (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y) Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Malaikat dan Tugasnya Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505184023 MASFIATUR ROCHMAN
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:32
Last Modified: 22 Jun 2021 04:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19809

Actions (login required)

View Item View Item