PENGARUH TEHNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMK TERPADU KHOIROT KEDIRI

M. AZIZ SUKRON, 17306153017 (2021) PENGARUH TEHNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMK TERPADU KHOIROT KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (467kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (543kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : M. Aziz Sukron NIM : 17306153017 Fakultas / Prodi : Ushuluddin Adab dan Dakwah / Bimbingan Konseling Islam Judul : Pengaruh Tehnik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMK Terpadu Khoirot Kediri. Tanggal Sidang : - Tebal Skripsi : Pembimbing : Wikan Galuh Widyarto, M.Pd Kata Kunci : Teknik Diskusi Kelompok, Kecerdasan Emosional Kecerdasan Emosional merupakan kemampuan seseorang yang mengatur dalam kehidupan emosinya dengan inteligensi, menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya melalui ketrampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan ketrampilan sosial. Apabila kecerdasan emosional siswa masih rendah atau kurangnya kontrol kecerdasan emosional siswa akan menimbulkan perilaku-perilaku yang negatif yang menghambat perkembangannya baik dalam bidang pribadi maupun sosial. Namun kenyataan yang terjadi di SMK Terpadu Khoirot Kediri terdapat beberapa siswa yang belum memahami tentang kecerdasan emosional sehingga perlu upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional tersebut dengan menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Tingkat Kecerdasan Emosional Siswa SMK Terpadu Khoirot Kediri dan Bagaimana Pengaruh tehnik Diskusi Kelompok dengan Kecerdasan Emosional Siswa SMK Terpadu Khoirot Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa meningkat dengan pemberian teknik diskusi kelompok. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMK Terpadu Khoirot Kediri dari kelas X,XI dan XII dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan non random probability sampling dengan jenis purposive sampling dengan total sampel berjumlah 8 siswa yang memiliki skor nilai terendah, teknik pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji non parametrik karena menggunakan uji wilcoxon.Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwasanya teknik diskusi kelompok efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa dapat dilihat melalui hasil pretes dengan membagikan skala kecerdasan emosional terdapat 8 siswa yang berada dalam katagori rendah dengan skor nilai rata-rata 273, setelah diberikan treatment memiliki peningkatan skor nilai terhadap 8 siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah berada pada kategori cenderung tinggi dan sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan kecerdasan emosional siswa sebelum dan sesudah diberikan treatmen. Hal ini dibuktikan dengan skor nilai yang diukur menggunakan uji wilcoxon dengan signifikan 012 yang berarti 000 dan 012 dibawah 005 maka hipotesis dalam penelitian ini diterima maka dapat disimpulkan bahwa teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SMK Terpadu Khoirot Kediri dan juga terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian teknik diskusi kelompok terhadap kecerdasan emosional siswa SMK Terpadu Khoirot Kediri. Kata Kunci : Teknik Diskusi Kelompok, Kecerdasan Emosional

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306153017 M. AZIZ SUKRON
Date Deposited: 01 Jul 2021 02:44
Last Modified: 01 Jul 2021 02:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19882

Actions (login required)

View Item View Item