KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA KELAS III DI MI MIFTAHUL MUBTADIIN PLOSOKLATEN KEDIRI

INDAH NUR AFIFAH, 17205163068 (2020) KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA KELAS III DI MI MIFTAHUL MUBTADIIN PLOSOKLATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (900kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indah Nur Afifah, 17205163068, Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Kelas III di MI Miftahul Mubtadiin Plosoklaten Kediri, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Musrikah, M.Pd. Kata kunci: Berpikir Kritis, Memecahkan Masalah, Matematika. Matematika merupakan mata pelajaran yang rumit, namun sangat berkaitan erat dalam kehidupan sehari-hari. Seperti mengetahui waktu, jarak, jual beli, dan bahkan perkembangan ilmu pengetuan dan teknologi pun juga berkaitan dengan matematika. Hal ini menuntut seseorang harus memiliki keterampilan berpikir secara kritis. Maka matematika perlu diberikan kepada siswa sejak kanak kanak untuk membekali siswa menjadi pelajar yang mampu mengatasi permasalahan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini penulis membahas terkait keterampilan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada kelas III di MI Miftahul Mubtadiin Plosoklaten Kediri. Fokus penelitian ini meliputi 1) Bagaimana keterampilan berpikir kritis siswa berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika pada kelas III di MI Miftahul Mubtadiin Plosoklaten Kediri? 2) Bagaimana keterampilan berpikir kritis siswa berkemampuan sedang dalam memecahkan masalah matematika pada kelas III di MI Miftahul Mubtadiin Plosoklaten Kediri? 3) Bagaimana keterampilan berpikir kritis siswa berkemampuan rendah dalam memecahkan masalah matematika pada kelas III di MI Miftahul Mubtadiin Plosoklaten Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di lembaga MI Miftahul Mubtadiin Plosoklaten Kediri. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisisnya meliputi proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Siswa dengan kemampuan akademik tinggi berada pada TBK 3. Dimana subjek mampu mengidentifikasi fakta fakta yang diberikan dengan jelas dan logis, merumuskan pokok-pokok permasalahan dengan cermat, mengungkap data atau definisi dalam menyelesaikan masalah dengan tepat, memutuskan dan melaksanakan dengan benar, mengevaluasi argumen yang relevan dalam penyelesaian suatu masalah dengan teliti. 2) Siswa dengan kemampuan akademik sedang berada pada TBK 1. Dimana subjek hanya mampu mengidentifikasi fakta-fakta yang diberikan dengan jelas dan logis, merumuskan pokok-pokok permasalahan dengan cermat, serta mampu mengungkap data atau definisi dalam menyelesaikan masalah dengan tepat. 3) Siswa dengan kemampuan akademik rendah berada pada TBK 0. Karena siswa tidak mampu memenuhi satu-pun indikator berpikir kritis dari mengidentifikasi masalah hingga membuat kesimpulan yang sesuai dengan permasalahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163068 INDAH NUR AFIFAH
Date Deposited: 12 Jul 2021 01:56
Last Modified: 12 Jul 2021 01:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19979

Actions (login required)

View Item View Item