PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VII MTs QOMARUL HIDAYAH TUGU TRENGGALEK

MELIA WARDANI RASIHA, 17204163005 (2021) PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VII MTs QOMARUL HIDAYAH TUGU TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (874kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (575kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (825kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (879kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (382kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (507kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemahaman Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Kemampuan Matematika Kelas VII MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek”. Skripsi ini ditulis oleh Melia Wardani Rasiha, NIM. 17204163005, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Pemahaman dan Kemampuan Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan pemahaman siswa pada pelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran hanya sedikit siswa yang mengutamakan pemahaman dan hanya menerapkannya pada perhitungan yang sederhana, sehingga ketika siswa diberikan soal yang sedikit bervariasi siswa akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian yang berkaitan dengan pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah berdasarkan kemampuan matematika di MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek. Terdapat perbedaan tingkat kemampuan matematika yang berpengaruh pada pemahaman yang dimiliki siswa. Tingkat kemampuan tersebut terbagi menjadi tiga yaitu kemampuan matematika tinggi, kemampuan matematika sedang, dan kemampuan matematika rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah pada materi himpunan kelas VII MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek. (2) untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah pada materi himpunan kelas VII MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek. (3) untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah pada materi himpunan kelas VII MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu 3 siswa kelas VII B MTs Qomarul Hidayah Tugu yang dipilih dengan kriteria tertentu. Metode pengumpulan data yaitu tes tertulis dan wawancara. Soal tes sebanyak 3 soal himpunan. Wawancara dilakukan untuk memperluas informasi dari siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarika kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat pemahaman siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah pada materi himpunan mampu memenuhi semua indikator pemahaman yaitu menerjemahkan, menafsirkan, dan mengekstrapolasi. (2) tingkat pemahaman siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah pada materi himpunan mampu memenuhi ketiga indikator pemahaman yaitu menerjemahkan, menafsirkan dan mengekstrapolasi. (3) tingkat pemahaman siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah pada materi himpunan hanya mampu memenuhi dua indikator pemahaman yaitu menerjemahkan dan menafsirkan. Serta kurang mampu dalam indikator pemahaman mengekstrapolasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163005 melia wardani rasiha
Date Deposited: 16 Jul 2021 03:02
Last Modified: 16 Jul 2021 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20016

Actions (login required)

View Item View Item