NADHIFATUL FAJAR, 12204173152 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (741kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (792kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (860kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (734kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (702kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (497kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Etnomatematika terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Rejotangan” ini ditulis oleh Nadhifatul Fajar, NIM 12204173152, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, IAIN Tulungagung. Dibimbing oleh Musrikah, S. Pd. I., M. Pd. Kata Kunci : Media Video Pembelajaran Etnomatematika, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh asumsi negatif yang dimiliki peserta didik mengenai pelajaran matematika sehingga menimbulkan rendahnya minat belajar matematika yang berdampak pada hasil belajar kognitifnya serta kurangnya inovasi dalam pembelajaran khususnya pada penggunaan media pembelajaran. Media video etnomatematika ini merupakan salah satu media pembelajaran yang dirasa dapat membantu dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik dengan pendekatannya yang menggunakan budaya lokal yaitu motif batik Tulungagung. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran etnomatematika terhadap minat belajar peserta didik kelas XI di SMAN 1 Rejotangan, (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran etnomatematika terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAN 1 Rejotangan, (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran etnomatematika terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAN 1 Rejotangan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah pesserta didik kelas XI di SMAN Rejotangan tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan adalah dua kelas, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol, dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran etnomatematika terhadap minat belajar peserta didik kelas XI di SMAN 1 Rejotangan dengan nilai Sig. ( 2 tailed) atau p-value =0,02/2=0,01. (2) Terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran etnomatematika terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAN 1 Rejotangan dengan nilai Sig. ( 2 tailed) atau p-value =0,028/2=0,014. (3)Terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran etnomatematika terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAN 1 Rejotangan dengan nilai Sig. sebesar 0,043.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173152 NADHIFATUL FAJAR |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 03:09 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 03:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20150 |
Actions (login required)
View Item |