DYAH AULIA SARI, 12207173096 (2021) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (391kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” yang ditulis oleh Dyah Aulia Sari, NIM 12207173096, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Moh. Mashudi, M. Pd. I. Kata kunci: Manajemen Kesiswaan, Motivasi Belajar, dan MA Darul Hikmah Penelitian ini membahas tentang Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung.Melalui kegiatan manajemen kesiswaan di lembaga pendidikan diharapkan mampu mengatur segala kegiatan peserta didik yang pada dasarnya pasti setiap siswa memiliki kondisi yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Manajemen kesiswaan bukan hanya fokus pada kegiatan pembelajaran saja, namun juga bakat dan minat yang di miliki siswa. Maka dari itu, pihak sekolah harus memberikan dorongan motivasi kepada semua siswa tanpa terkecuali dengan menyediakan berbagai layanan pendidikan yang dapat menunjang belajar siswa, dan memberikan layanan sarana dan prasarana untuk kegiatan ekstrakurikuler, karena dengan kegiatan ini dapat meningkatkan bakat yang di miliki siswa. Fokus penelitian skripsi ini meliputi (1) bagaimana perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? (2) bagaimana pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? (3) bagaimana evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Penelitian ini bermanfaat bagi lembaga pendidikan, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai gambaran untuk madrasah menjadi lebih baik lagi dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan mengambil peran manajemen kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Sumber data yang diambil dari kepala sekolah, waka kesiswaaan, waka kurikulum, dan kepengasuhan santri. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi partsisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil data ditemukan bahwa: (1) perencanaan kesiswaan di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dimulai dari awal pendaftaran peserta didik baru yang akan diterima kemudian merencanakan pembelajaran seperti RPP, silabus, program tahunan, program semester dan menentukan kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan mengacu pada kalender madrasah. (2) pelaksanaan kegiatan kesiswaan di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung yang disesuaikan dengan RKM madrasah dan kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran yaitu menggunakan perpaduan kurikulum pondok modern gontor dan kurikulum nasional. 3) Dalam evaluasi setiap tahun program ini dimulai ke siswa dari prestasi belajar, prestasi apa saja yang sudah dicapai oleh siswa kemudian evaluasi di fasilitas pembelajaran yang digunakan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 12207173096 Dyah Aulia Sari |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 07:42 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 07:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20156 |
Actions (login required)
View Item |