MUHAMMAD ARDLI MUBAROK, 12207173056 (2021) MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Kediri). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (275kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (253kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Hubungan Masyarakat Lembaga Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Minat Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Kediri)” ini ditulis oleh Muhammad Ardli Mubarok, NIM. 12207173056. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag., NIP. 19751211 200212 2 001. Kata Kunci: Manajemen Hubungan Masyarakat, Minat Masyarakat, Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena manajemen hubungan masyarakat lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan minat masyarakat, yang pada masa pandemi covid-19 banyak kegiatan humas harus disesuaikan dengan kebijakan protokol kesehatan. Peneliti menyoroti salah satu lembaga pendidikan Islam setingkat sekolah menengah pertama yang memiliki tingkat minat masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya yang tinggi di lembaga pendidikan Islam, meskipun pada masa pandemi covid-19 banyak kegiatan kehumasan yang harus berubah menyesuaikan protokol kesehatan. Lembaga pendidikan Islam tersebut ialah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Kediri. Maka dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk mengangkat tema manajemen hubungan masyarakat lembaga pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat pada masa pandemi covid-19 di MTsN 1 Kota Kediri. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah; 1) Bagaimana perencanaan kegiatan hubungan masyarakat lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan minat masyarakat pada masa pandemi covid-19 di MTsN 1 Kota Kediri ?; 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan hubungan masyarakat lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan minat masyarakat pada masa pandemi covid-19 di MTsN 1 Kota Kediri ?; 3) Bagaimana evaluasi kegiatan hubungan masyarakat lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan minat masyarakat pada masa pandemi covid-19 di MTsN 1 Kota Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini fenomenologi-naturistik (mengamati peristiwa/fenomena di lapangan). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat, wali murid, dan siswa. Teknis analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan kegiatan hubungan masyarakat lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan minat masyarakat pada masa pandemi covid-19 di MTsN 1 Kota Kediri dilaksanakan secara holistik (menyeluruh) meliputi pembentukan struktur dan job diskripsi, penyusunan buku program kerja, rapat tahuan dan rapat persiapan kegiatan; 2) Pelaksanaan kegiatan hubungan masyarakat lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan minat masyarakat pada masa pandemi covid-19 di MTsN 1 Kota Kediri dilaksanakan dengan informatif dan kegiatan langsung. Pelaksanaan secara informatif meliputi penyampaikan informasi prima melalui website dan akun media sosial. Sedangkan kegiatan langsung adalah pelaksanaan olimpiade mipa kelas 6 SD/MI secara online dan offline dengan mematuhi protokol kesehatan; 3) Evaluasi kegiatan hubungan masyarakat lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan minat masyarakat pada masa pandemi covid-19 dilaksanakan secara sumatif dan berkelanjutan. Evaluasi secara sumatif adalah dengan melakukan evaluasi setelah kegiatan selesai. Sedangkan berkelanjutan adalah hasil evaluasi digunakan sebagai bahan perencanaan kegiatan selanjutnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207173056 Muhammad Ardli Mubarok |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 02:24 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 02:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20211 |
Actions (login required)
View Item |