MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH BERBASIS PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MAPK AL-HIDAYAH TERMAS BARON NGANJUK)

ERLIN FATIHATUL ARZAQ, 12207173035 (2021) MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH BERBASIS PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MAPK AL-HIDAYAH TERMAS BARON NGANJUK). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus di MAPK Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk)” yang ditulis oleh Erlin Fatihatul Arzaq NIM 12207173035, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Masduki, M. Ag. Kata kunci: manajemen kurikulum, madrasah berbasis pesantren, madrasah plus keterampilan, dan kualitas pendidikan. Penelitian ini membahas tentang Manajemen Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MAPK Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk. Pembahasan kurikulum pendidikan di suatu madrasah sangatlah luas dan terperinci, mengingat bahwa kurikulum merupakan semua pengalaman yang diberikan madrasah kepada peserta didik dibawah pengawasan dan pengaturan madrasah, dengan kapasitas waktu berlaku dari peserta didik tersebut masuk hingga lulus. Cakupan kurikulum meliputi tenaga pendidik, peserta didik, materi, bahan ajar, uang, dan lingkungan dengan aktifitas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan atau evaluasi. Fokus penelitian skripsi ini meliputi (1) Bagaimana perencanaan Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MAPK Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk? (2) Bagaimana pelaksanaan Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MAPK Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk? (3) Bagaimana evaluasi Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MAPK Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk? Skripsi ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perencanaan Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MAPK Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MAPK Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk. (3) Untuk mengetahui evaluasi Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MAPK Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar peran manajemen kurikulum pada madrasah berbasis pesantren sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan (studi kasus di Madrasah Aliyah Plus Ketrampilan Al-Hidayah Termas Baron Nganjuk). Sumber data yang diambil melalui obseravsi, dokumentasi dan wawancara, dengan wawancara kepada kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, asisten wakil kepala madrasah bidang kurikulum, kepala bidang keterampilan, guru mata pelajaran mulok dan kitab kuning, serta peserta didik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabasahan data meliputi Perpanjangan pengamatan, Meningkatkan ketekunan, Trianggulasi, Diskusi dengan teman sejawat. Hasil analisis data ditemukan bahwa dalam manajemen kurikulum mencakup kegiatan (1) Perencanaan kurikulum didasarkan pada visi, misi, tujuan dan konsep pendidikan yang telah ada sebelumnya. (2) Pelaksanaan kurikulum sesuai dengan penerapan konsep pendidikan dan penerapan semua mata pelajaran berdasarkan trilogi kurikulum. (3) evaluasi dilaksanakan ujian harian,pre test, post test, PR, PTS, PAS, dan remidi semua evaluasi dilaksanakan sesuai dengan mata pelajaran, jika mata pelajaran kitab kuning maka dengan takhasus, jika mata pelajaran keterampilan maka dengan praktik dan ujian teori.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Skripsi 12207173035 Erlin
Date Deposited: 09 Aug 2021 06:38
Last Modified: 09 Aug 2021 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20335

Actions (login required)

View Item View Item