PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

MIKE SOFIANA NUR SYAKILLA, 17205163013 (2020) PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (41kB)

Abstract

ABSTRAK Mike Sofiana Nur Syakilla, 17205163013, Pengaruh Motivasi dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci: Motivasi, Gaya Belajar, Hasil Belajar Proses belajar mengajar pada dasarnya merupakan proses interaksi antara guru dan murid. Proses belajar mengajar lazimnya diukur dengan hasil belajar. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar peserta didik dibagi menjadi dua yaitu faktor fisiologis dan faktor psikologis. Faktor fisiologis mencakup faktor material, faktor lingkungan, dan faktor instrument peserta didik. Sedangkan faktor psikologis seperti halnya motivasi dan perilaku individu, termasuk perilaku belajar (gaya belajar). Dengan motivasi belajar yang tinggi serta gaya belajar yang baik maka proses pembelajaran akan berjalan dengan baik pula, dimana hasil belajar peserta didik akan meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung?, (2) Apakah ada pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung?, (3) Apakah ada pengaruh gaya belajar auditori terhadap hasil belajar peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung?, (4) Apakah ada pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung?, (5) Apakah ada pengaruh motivasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung?. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subjek npenelitian sebanyak 21 peserta didik. Sempel yang diambil adalah seluruh peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana dan uji regresi berganda, yang sebelumnya diuji prasyarat analisis dan uji asumsi klasik dengan bantuan program komputer SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar auditori terhadap hasil belajar peserta didik kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar peserta didik kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. (5) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163013 MIKE SOFIANA NUR SYAKILLA
Date Deposited: 10 Aug 2021 08:13
Last Modified: 10 Aug 2021 08:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20340

Actions (login required)

View Item View Item