PROBLEMATIK GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X-AKL DI SMKS KADIRI KRAS KEDIRI BERBASIS DARING

LUTFIA NUR FEBRIANI, 12210173130 (2021) PROBLEMATIK GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X-AKL DI SMKS KADIRI KRAS KEDIRI BERBASIS DARING. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Problematik Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Kelas X-AKL di SMKS Kadiri Kras Kediri Berbasis Daring” ini ditulis oleh Lutfia Nur Febriani, NIM. 12210173130, pembimbing Mustofa, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Problematik Guru, Pembelajaran Menulis, Berbasis Daring Pembelajaran berbasis daring bermula pada munculnya virus Covid-19 yang menyebar dengan cepat ke Indonesia. Sektor kehidupan manusia terkena dampak tersebut, salah satunya sektor pendidikan. Pemerintah menganjurkan untuk mengubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran berbasis daring. Dalam pembelajaran berbasis daring terdapat berbagai problematik. Salah satunya yaitu problematik yang dialami oleh guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis. Peneliti melakukan penelitian di SMKS Kadiri Kras karena sekolah tersebut menerapkan pembelajaran berbasis daring dan guru Bahasa Indonesia mengalami problematik pembelajaran berbasis daring. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) apa saja bentuk problematik guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi berbasis daring ditinjau dari faktor media pembelajaran yang digunakan?, (2) apa saja bentuk problematik guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi berbasis daring ditinjau dari faktor penilaian?, dan (3) bagaimana solusi untuk mengatasi problematik tersebut? Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi terkait problematik guru dalam pembelajaran menulis berbasis daring. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengamati kegiatan pembelajaran berbasis daring dan melengkapi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa problematik yang dialami guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran berbasis daring. Bentuk problematik ditinjau dari faktor media yang digunakan terjadi pada tahap pramenulis, tahap menulis, tahap pascamenulis. Problematik ditinjau dari faktor penilaian terjadi karena hasil karya siswa belum sesuai dengan struktur teks, kebahasaan, ejaan, dan tanda baca. Solusi yang dilakukan guru yaitu menjelaskan ulang materi, menyuruh siswa datang ke sekolah, memberi kritik dan saran, berdiskusi dengan guru lain dan orang tua siswa, memberi teguran, dan menyuruh siswa mengerjakan tugas secara ulang di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Daring
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mahasiswa 12210173130 LUTFIA NUR FEBRIANI
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:32
Last Modified: 01 Nov 2021 05:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20377

Actions (login required)

View Item View Item