KEMAMPUAN SISWA PEREMPUAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MTs NEGERI 9 BLITAR

UMI NADZIROH, 12204173248 (2021) KEMAMPUAN SISWA PEREMPUAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MTs NEGERI 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (727kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Siswa Perempuan dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika di MTs Negeri 9 Blitar” ini ditulis oleh Umi Nadziroh, NIM. 12204173248, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: siswa perempuan, kemampuan matematika, menyelesaikan masalah, hasil belajar matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa perempuan yang beragam dalam belajar matematika, khususnya menyelesaikan persoalan teorema Pythagoras yang diberikan guru atau yang ada di Lembar Kerja Siswa. Dalam hal ini peneliti meninjau kemampuan siswa perempuan dari hasil belajar matematika di MTs Negeri 9 Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa perempuan dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras ditinjau dari hasil belajar matematika di MTs Negeri 9 Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 6 siswa perempuan kelas VIII di MTs Negeri 9 Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan dengan hasil belajar tinggi dapat melakukan empat penerapan langkah-langkah Polya dalam menyelesaikan masalah yang meliputi: memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Siswa perempuan dengan hasil belajar sedang dapat melakukan tiga penerapan langkah-langkah Polya dalam menyelesaikan masalah yang meliputi: memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian dan memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Siswa perempuan dengan hasil belajar rendah dapat melakukan dua penerapan langkah-langkah Polya dalam menyelesaikan masalah yang meliputi: memahami masalah dan memeriksa kembali solusi yang diperoleh.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: SKRIPSI 12204173248 UMI NADZIROH
Date Deposited: 10 Aug 2021 07:08
Last Modified: 10 Aug 2021 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20458

Actions (login required)

View Item View Item