ARISMA SOFYANTI, 12205173110 (2021) HUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) OLEH GURU DAN MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MI PROGRESIF AL-HUDA KETANON TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (724kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (530kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (303kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (252kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (275kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Pemberian Penguatan (Reinforcement) oleh Guru dan Motivasi Belajar Intrinsik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di MI Progresif Al-Huda Ketanon Tulungagung” ini ditulis oleh Arisma Sofyanti, NIM 12205173110 Fakultas Tarbiyah Ilmu dan Keguruan , jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Dosen pembimbing: Mirna Wahyu Agustina.,M.Psi., NIP 19860822201403 2 004 Kata Kunci: Pemberian Penguatan (Reinforcement), Motivasi Belajar Intrinsik, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru dan motivasi belajar intrinsik terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring di MI Progresif Al-Huda Ketanon Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1. Apakah terdapat hubungan pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang pada pembelajaran daring di MI Progresif Al-Huda Ketanon Tulungagung?. 2. Apakah terdapat hubungan motivasi belajar intrinsik terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang pada pembelajaran daring di MI Progresif Al-Huda Ketanon Tulungagung?. 3. Apakah terdapat hubungan secara bersama antara pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru dan motivasi belajar intrinsik terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang pada pembelajaran daring di MI Progresif Al-Huda Ketanon Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan lokasi penelitian MI Progresif Al-Huda Ketanon Tulungagung. Teknik pengumpulan data primer adalah menggunakan angket dan tes yang disebarkan pada 13 siswa. Teknik analisis data yang dipakai yakni uji regresi linear berganda, uji hipotesis (uji t atau uji secara parsial), Uji F atau uji secara simultan, dan uji koefisien determinasi atau R2. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Signifikansi pada tabel Sig. (2-tailed) adalah 0,004, Ha: diterima, ada pengaruh pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring di MI Progresif Al-Huda Ketanon Tulungagung. (2). Signifikansi pada tabel Sig. (2-tailed) adalah 0,002, Ha: diterima, ada pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring di MI Progresif Al-Huda Ketanon Tulungagung. (3). Signifikansi pada tabel Sig. (2-tailed) adalah 0,002, Ha: diterima, ada pengaruh pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru dan motivasi belajar intrinsik terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring di MI Progresif Al-Huda Ketanon Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205173107 NURUL DWI FATMAWATI |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 08:38 |
Last Modified: | 12 Nov 2021 04:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20553 |
Actions (login required)
View Item |