KREATIFITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI PADA SISWA DI MI DARUL HIKMAH WONODADI BLITAR

KIKI FITRIA, 12205173243 (2021) KREATIFITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI PADA SISWA DI MI DARUL HIKMAH WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa matematika adalah pembelajaran yang sangat sulit dan menakutkan bagi siswa karena minat terhadap pelajaran matematika itu sangat rendah, sehingga kesulitan yang dihadapi siswamerupakan akibat dari kurangnya konsentrasi dan kurangnya pemahaman dalam media yang disampaikan oleh guru. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu kefektifan proses pembelajaran dan penyampaian materi kepada siswa. Apalagi pada saat pandemi seperti saat ini, dalam penyampaian materi pembelajaran kepada siswa pastinya memiliki banyak kendala. Oleh karena itu, peneliti meneliti kreatifitas guru untuk mengembangkan media dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas V. untuk mengetahui media seperti apa yang digunakan guru pada saat pandemi saat ini. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Kreatifitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi yang sesuai dengan kebutuhan belajar pada Siswa di MI Darul Hikmah Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana Kreatifitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi yang menarik pada Siswa di MI Darul Hikmah Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana faktor-faktor yang menghambat dalam Kreatifitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi pada Siswa di MI Darul Hikmah Wonodadi Blitar? Berdasarkan rumusan tersebut penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui Kreatifitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi yang sesuai dengan kebutuhan belajar pada Siswa di MI Darul Hikmah Wonodadi Blitar. (2) Untuk mengetahui Kreatifitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi yang menarik pada Siswa di MI Darul Hikmah Wonodadi Blitar. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat Kreatifitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi pada Siswa di MI Darul Hikmah Wonodadi Blitar. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik teknik analisis data menggunakan pengecekan keabsahan data menggunakan pemeriksaan sejawat dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian yang digunakan adalah tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian yang telah dilakukan di MI Darul Hikmah Pikatan Wonodadi Blitar adalah (1) Kreatifitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi yang sesuai dengan kebutuhan belajar pada Siswa di MI Darul Hikmah Wonodadi Blitar adalah dengan menggunakan media pembelajaran video, yang dimana dapat membantu siswa dalam memahami matematika terutama dalam menghafal rumus. (2) Kreatifitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi yang menarik pada Siswa di MI Darul Hikmah Wonodadi Blitar adalah dengan menggunakan media pembelajaran video karena video pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan motivasi belajar dan tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran karena memberikan pengalaman konkret bagi hal yang bersifat abstrak (3) Faktor-faktor yang menghambat Kreatifitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi pada Siswa di MI Darul Hikmah Wonodadi Blitar adalah Ketidakmampuan dalam penguasaan teknologi informasi dan telekomunikasi, jaringan internet.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173243 KIKI FITRIA
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:22
Last Modified: 12 Aug 2021 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20570

Actions (login required)

View Item View Item