ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TINGKAT SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG

DWI PUSPITA MARTIKA, 12204173003 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TINGKAT SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (658kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (343kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (764kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (228kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Tingkat Self-Efficacy Peserta Didik Kelas VIII di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung” ini ditulis oleh Dwi Puspita Martika, NIM. 12204173003, pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Pemecahan Masalah, Self-Efficacy Pemahaman peserta didik terhadap matematika terbilang cukup. Untuk meningkatkan hasil belajar yang lebih baik perlu dibiasakannya peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Self-efficacy merupakan komponen penting terhadap keberhasilan tujuan pembelajaran. Oleh karena itu self-efficacy harus dikembangkan dalam diri peserta didik agar proses pembelajaran terjadi secara optimal. Dalam hal ini tingkat self-efficacy peserta didik akan dihubungkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika pada. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan tingkat self-efficacy tinggi peserta didik kelas VIII di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan tingkat self-efficacy sedang peserta didik kelas VIII di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan tingkat self-efficacy rendah peserta didik kelas VIII di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMP Islam Al-Azhaar. Peneliti mengambil subjek penelitian berdasarkan tingkat self-efficacy yaitu tinggi, sedang dan rendah. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 siswa dengan self-efficacy tinggi, 2 siswa dengan self-efficacy sedang dan 2 siswa dengan self-efficacy rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan angket, tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dapat dilihat dari ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini yaitu (1) Peserta didik dengan self-efficacy tinggi memenuhi indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. (2) Peserta didik dengan self-efficacy sedang dapat memahami masalah dengan baik, kurang mampu dalam merencanakan penyelesaian, terkadang peserta didik kurang teliti dalam melaksanakan rencana penyelesaian dan peserta didik dalam menuliskan kesimpulan kurang tepat.(3) Peserta didik dengan self-efficacy rendah kurang memiliki kemampuan dalam memahami masalah matematika, menentukan rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan menuliskan kesimpulan

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dwi Puspita
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:41
Last Modified: 12 Aug 2021 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20612

Actions (login required)

View Item View Item