PENGARUH KECERDASAN LOGIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG

MAWLANA NABRISNI HAWNA, 12204173042 (2021) PENGARUH KECERDASAN LOGIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI MTS MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Logis dan Kemampuan Komunikasi Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika kelas VII di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Mawlana Nabrisni Hawna, NIM 12204173042, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Hasil Belajar Matematika Keberhasilan siswa dalam belajar ditentukan dari beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang berpengaruh yaitu kecerdasan yang dicetuskan oleh Howard Gardner yang semakin berkembang. Dari berbagai macam kecerdasan yang berkembang, peneliti mengangkat kecerdasan logis matematis karena dalam pembelajaran matematika kita membutuhkan kemampuan untuk menghitung, mengukur dan memecahkan masalah. Sedangkan alasan penting mengapa pembelajaran matematika terfokus pada pengkomunikasian. Pertama, matematika pada dasarnya adalah suatu bahasabahasa. Kedua, matematika dan belajar matematis dalam batinnya merupakan aktivitas sosial. Kemampuan siswa mengkomunikasikan ide-ide matematisnya ketika memecahkan masalah, atau ketika menyampaikan proses dan hasil pemecahan masalah juga merupakan kemampuan yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi seperti logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif dan produktif. Proses pembelajaran matematika yang memfasilitasi pengembangan kedua kemampuan ini dapat mengembangkan potensi berpikirnya secara maksimal serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan logis matematis dan kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung yang berjumlah 61 siswa. Adapun yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: (1) Ada pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa pada taraf signifikansi 0,044. (2) Ada pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa pada taraf signifikansi 0,000. (3) Ada pengaruh kecerdasan logis matematis dan kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa pada taraf signifikansi 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204173042 MAWLANA NABRISNI
Date Deposited: 13 Aug 2021 02:54
Last Modified: 13 Aug 2021 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20670

Actions (login required)

View Item View Item