MANAJEMEN TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI DI MTS NEGERI 5 KEDIRI

DESY RO'IZATUL AZIZAH, 12207173059 (2021) MANAJEMEN TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI DI MTS NEGERI 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (664kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Tata Usaha dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Administrasi di MTs Negeri 5 Kediri” ini ditulis oleh Desy Ro’izatul Azizah, NIM. 12207173059, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Tata Usaha, Kualitas Layanan, Administrasi Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh semakin rendahnya kualitas pelayanan yang disebabkan kurangnya perhatian, yang jika diabaikan akan berdampak pada menurunnya tingkat kepercayaan siswa/pelanggan terhadap suatu lembaga. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah ini dengan manajemen tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di MTs Negeri 5 kediri. Oleh karena itu, adanya manajemen tata usaha dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang ada pada sekolah/madrasah agar lebih maksimal dan dapat memuaskan siswa/pelanggan pendidikan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di MTsN 5 Kediri? (2) Bagaimana pelaksanaan tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di MTsN 5 Kediri? (3) Bagaimana hambatan-hambatan tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di MTsN 5 Kediri? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di MTsN 5 Kediri. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di MTsN 5 Kediri. (3) Untuk mengetahui hambatan-hambatan tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di MTsN 5 Kediri. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dari penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara induktif dengan tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di MTs Negeri 5 kediri adalah pertama, perekrutan staff tata usaha yang berkompeten dan juga memiliki akhlak yang baik. Kedua, Pemenuhan sarana prasarana penunjang berjalanannya pemberian pelayanan administrasi. Ketiga, adanya pembagian tugas di dalam tata usaha. (2) Pelaksanaan tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di MTs Negeri 5 kediri adalah pertama, Bentuk pelayanan yang dapat diberikan dalam memberikan pelayanan administrasi pada siswa biasanya seperti pembayaran SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) atau administrasi keuangan, PIP (Program Indonesia Pintar) untuk siswa, beasiswa prestasi, dan juga pengadministrasian terkait data siswa. kedua, kepala tata usaha melakukan pengawasan terhadap kinerja para staff, seperti melakukan pengawasan secara langsung, pengawasan melalui buku kinerja, dan juga adanya evaluasi setiap bulannya. Ketiga, Kepala tata usaha memberikan motivasi untuk para staff. Keempat, Adanya pembagian tugas untuk setiap staff tata usaha dan selain pelayanan administrasi secara manual juga ada pelayanan administrasi berbasis IT. (3) Hambatan-hambatan tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di MTs Negeri 5 kediri adalah hambatan yang sering dialami tata usaha dalam melaksanakan pemberian layanan administrasi biasanya terkait dengan data siswa yang masih belum valid. Solusi yang ditawarkan yaitu dengan mendisiplinkan siswa agar tepat waktu dalam pengumpulan data, dengan begini data siswa akan valid. Kemudian solusi untuk masalah pengawasan masih dapat diawasi dengan menggunakan buku kinerja, adanya absen fingerprint, dan juga sharing melalui rapat maupun bertatap muka secara langsung antara kepala tata usaha dengan staff.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: MPI 12207173059 Desy Ro'izatul Azizah
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:27
Last Modified: 13 Aug 2021 07:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20761

Actions (login required)

View Item View Item