MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU INPUT DAN OUTPUT DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG

MIR'ATUL HASANAH, 12207173069 (2021) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU INPUT DAN OUTPUT DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (374kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Mutu Input dan Output di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” disusun oleh Mir’atul Hasanah, 12207173069, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Manajemen Kesiswaan, Mutu, Input dan Output Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lembaga pendidikan yang berusaha memberikan layanan pendidikan yang baik untuk mengembangkan kemajuan pengetahuan dan prestasi peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik kedepannya. Dalam hal ini, manajemen kesiswaan memiliki peran penting dalam meningkatkan prestasi, kemajuan belajar, bakat dan minat dalam upaya untuk meningkatkan kemajuan daya pikir yang dimiliki peserta didik pada masing-masing bidang. Fokus dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan mutu input dan output di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan mutu input dan output di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan mutu input dan output di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung?. Skripsi ini bertujuan (1) Untuk Mendiskripsikan Perencanaan Kegiatan Kesiswaan Dalam Meningkatkan Mutu Input dan Output di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (2) Untuk Mendiskripsikan Pelaksanaan Kegiatan Kesiswaan Dalam Meningkatkan Mutu Input dan Output di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (3) Untuk Mendiskripkan Evaluasi Kegiatan Kesiswaan Dalam Meningkatkan Mutu Input dan Output di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskripsi kualitatif, dengan mengambil latar manajemen kesiswaan dalam meningkatkan mutu input dan output. Sumber data yang diambil dari kepala madrasah, waka kesiswaan, waka kurikulum, dan ketua PPDB. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) Perencanaan kegiatan kesiswaan Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah yaitu perencanaan penerimaan peserta didik baru yang meliputi: pembentukan panitia yang melibatkan kyai, ustadz-ustadzah, waka kesiswaan, dan staff. Tahap promosi yang dilakukan melalui media sosial dan dari cerminan perilaku peserta didik sendiri, jalur seleksi yang digunakan melalui tes tulis dan wawancara, serta prosedur penerimaan berupa persyaratan (2) Pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan mutu input dan output yaitu melalui pembinaan kedisiplinan peserta didik yang mengedepankan pembentukan akhlak peserta didik, pembinaan secara akademik dengan menerapkan kurikulum Kulliyatul Mu’alimin Al-Islamiyah (KMI) dari Pondok Gontor dan kurikulum nasional dari Kemenag, dan pembinaan secara non akademik dibentuk melaui organisasi dan ekstrakulikuler (3) Evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan mutu input dan output melalui ulangan dan ujian, mengukur kemajuan belajar dengan diadakan pembagian raport, waktu pelaksanaan evaluasi diadakan setiap bulan sekali pada awal bulan di hari kamis minggu pertama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 12207173069 MIR'ATUL HASANAH
Date Deposited: 13 Aug 2021 08:06
Last Modified: 13 Aug 2021 08:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20773

Actions (login required)

View Item View Item